Irwan Febri Rialdi
Saido Berahino saat memperkuat Stoke City (kiri) bersaing dengan gelandang Manchester City Brasil Fernandinho dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion Etihad di Manchester, pada 8 Maret 2017. (AFP/Paul Ellis)

Bolatimes.com - Calon lawan timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023 punya pemain sekaliber Premier League yang pernah menhancurkan Manchester United dan Chelsea.

Burundi menjadi salah satu nama calon lawan timnas Indonesia pada FIFA Matchday bulan ini, negara yang tidak bisa dipandang remeh.

Sebelumnya Kenya juga termasuk dalam daftar calon lawan, namun dikabarkan menolak Indonesia karena ranking yang terpaut jauh.

Baca Juga:
Minta Belajar dari Kekalahan Dua Laga Terakhir, Timnas Putri Indonesia U-20 harus Menang saat Hadapi Singapura

Sementara kepastian Burundi sebagai calon lawan timnas Indonesia datang dari cuitan akun Twitter resmi timnas Burundi pada Jumat (10/3/2023).

"Mereka (pemain timnas) diundang oleh pelatih (Burundi) Étienne Ndayiragije untuk mengikuti pertandingan persahabatan melawan timnas Kenya dan Indonesia." tulis mereka.

Meski begitu PSSI belum mengonfirmasi kepastian itu, pengumuman secara resmi belum keluar namun Burundi layak untuk diperhitungkan.

Baca Juga:
BRI Liga 1: Kalah dari PSM Makassar, Pelatih Singapura Malah Sindir Persib Bandung

Negara ini memiliki para pemain yang pernah bermain di kasta teratas Liga Inggris alias Premier League.

Dialah Saido Berahino, pemain saat ini berusia 29 tahun dan pernah bermain untyuk West Bromwich selama beberapa musim.

Berahino bukan pemain sembarangan, di masa-masa kejayaan sosoknya pernah menjadi mimpi buruk bagi dua raksasa Premier League, Manchester United dan Chelsea.

Baca Juga:
Digulung Borneo 3-1, Dalih Thomas Doll soal Kelemahan Persija di Laga Tandang Muncul Lagi

Momen itu terjadi pada 28 September 2013, saat itu Berahino masih berusia 20 tahun dan membantu WBA mengalahkan Man United lewat gol yang dicetaknya.

Tak hanya Man United, Chelsea juga menjadi korban keganasan Berahino saat klub tersebut masih ditukangi Jose Mourinho sebagai manajer.

Kala itu Berahino membawa timnya menguliti Chelsea dengan skor 3-0 pada 18 Mei 2015, berkat penampilannya yang cemerlang.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Arema FC vs Dewa United Berakhir dengan Skor Kacamata, Sama-sama Naik Satu Strip

Berahino bahkan digadang-gadang sebagai wonderkid Liga Inggris pada jamannya, meski saat ini sosoknya bermain jauh dari hingar bingar Eropa.

Berahino bermain untuk Liga Cyprus, AEL Limassol, meski penampilannya sudah menurun namun kekuatannya di timnas Burundi masih sangat dibutuhkan.

Termasuk di laga FIFA Matchday melawan timnas Indonesia mendatang, menarik dinantikan kabar selanjutnya mengenai hal ini.

Profil Saido Berahino

Nama Lengkap: Saido Berahino
Tanggal lahir / Umur: 4 Agt 1993 (29)
Tempat kelahiran: Bujumbura
Kewarganegaraan: Burundi
Tinggi: 1,80 m
Posisi: Depan-Tengah
Pemain Interasional saat ini: Burundi
Jumlah penampilan / Gol: 17 / 1

Karier Klub

2011 (West Bromwich Albion U-18)
2012 (WBA Res)
2013 (WBA)
2017 (Stoke City)
2020 (Zulte Waregem)
2021 (RSC Charleroi)
2021 (Zulte Wregem)
2022 (Sheff Wed)
2022 (AEL Limassol)

Kontributor: Eko
Load More