Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal. [FRANCK FIFE / AFP]

Bolatimes.com - Beredar informasi yang menyebutkan bahwa Louis van Gaal resmi melatih Timnas Indonesia gantikan Shin Tae-yong. Benarkah?

Informasi tersebut lahir dari salah satu unggahan kanal YouTube bernama BOBOLA TV, yang mengklaim pelatih legendaris Belanda itu menukangi Timnas Indonesia.

Klaim tersebut terlihat dari judul dalam video yang diunggahnya tersebut. Dalam pantauan Bolatimes.com, terlihat video tersebut diunggah sekitar tujuh hari lalu.

Baca Juga:
Daftar Lengkap 8 Negara yang Lolos Perempat Final Piala Asia U-20 2023, Tak Ada Wakil ASEAN

“WELCOME LOUIS VAN GAAL DI TIMNAS INDONESIA - THANK YOU COACH SHIN TAE YONG,” bunyi judul video unggahan BOBOLA TV tersebut,

Hingga artikel ini dibuat, Jumat (10/3) pukul 11.40, video unggahan BOBOLA TV tersebut telah ditonton sebanyak 9 ribu kali lebih.

Baca Juga:
Soroti Rencana Timnas Indonesia U-20 usai Tersingkir dari Piala Asia U-20 2023, Media Vietnam: Mengerikan!

Bahkan, sudah ada 32 komentar dari netizen yang memberikan respon terhadap judul maupun narasi dalam video itu.

PENJELASAN

Jika melihat keterangan dalam video tersebut, tertulis bahwa video itu diunggah oleh kanal YouTube BOBOLA TV pada 3 Maret 2023.

Baca Juga:
PSM Makassar di Ambang Juara BRI Liga 1 2022, Begini Hitungannya!

Ketika video tersebut ditayangkan, terlihat sosok Louis van Gaal dan Edwin van der Sar, yang menyebutkan nama Indonesia.

Dalam video itu, terdapat cuplikan Van der Sar yang menyapa Indonesia dan berharap bisa bertemu dalam waktu dekat.

“Apa kabar Indonesia? Hope to see you soon. Sampai jumpa,” bunyi pernyataan Van der Sar.

Baca Juga:
Jacksen F Tiago Ungkap Perjalanan Berat Hugo Samir Tembus Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

Kemudian pernyataan itu dibarengi dengan komentar Erick Thohir dalam sebuah konferensi pers sebagai Ketua Umum PSSI.

“Bagaimana kita bersepakat. Dan saya yakini, hal ini akan menjadi sebuah perubahan besar untuk sepak bola Indonesia,” bunyi pernyataan Erick Thohir di video tersebut.

Setelah pernyataan-pernyataan tersebut, muncul narasi bahwa PSSI telah menentukan nasib Shin Tae-yong sampai kontraknya selesai beberapa bulan ke depan.

Setelahnya, muncul narasi bahwa adanya himbauan untuk mencoba menduetkan Louis van Gaal dengan Edwin van der Sar untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Usai himbauan itu, muncul narasi mengenai prestasi Timnas Indonesia U-15 ke bawah yang mentereng di level dunia, hingga berhasil menjuarai sebuah kompetisi level dunia di Swedia.

Bahkan, narasi video itu mengklaim bahwa legenda-legenda sepak bola dunia seperti John Terry, Roberto Carlos, dan Marco Materazzi mengucapkan selamat atas prestasi Timnas Indonesia kelompok umur itu.

Di akhir video, muncul narasi seperti saran bagi PSSI untuk melakukan pembinaan untuk generasi muda bagi Timnas Indonesia dengan menunjuk Louis van Gaal sebagai pelatih dan Edwin van der Sar sebagai pelatih kiper.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, maka judul yang digunakan akun BOBOLA TV dalam video tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada saat ini.

Pasalnya, Louis van Gaal belum ditunjuk oleh PSSI sebagai pelatih untuk menggantikan Shin Tae-yong yang kontraknya masih tersisa hingga Desember 2023.

Selain itu, cuplikan pernyataan dalam video tersebut, baik dari Louis van Gaal, Edwin van der Sar, Erick Thohir, hingga para legenda dunia, berada di luar konteks dari narasi video tersebut.

Terutama dalam pernyataan Erick Thohir, yang ternyata berasal dari konferensi pers pasca melakukan diskusi terkait pemberantasan mafia bola.

Lalu ucapan selamat dari para legenda dunia seperti John Terry, Marco Materazzi, Javier Zanetti, dan Roberto Carlos terkait prestasi Timnas Indonesia level kelompok umur.

Diketahui, ucapan selamat dari para legenda sepak bola dunia itu bukan untuk Timnas Indonesia, melainkan untuk Erick Thohir yang terpilih sebagai Ketua Umum PSSI.

Selebihnya, info mengenai Louis van Gaal menggantikan Shin Tae-yong sesuai judul video tersebut ternyata hanyalah sebuah himbauan semata agar PSSI mau menunjuk pelatih legendaris Belanda tersebut.

Dengan kata lain, judul maupun narasi video BOBOLA TV yang menyebut Louis van Gaal menggantikan Shin Tae-yong termasuk dalam kategori disinformasi dan hoaks karena tidak sesuai dengan fakta yang ada saat ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More