Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Suriah U-20, Mark Wotte, dituding menyebut pemain Timnas Indonesia U-20 kurcaci. (YouTube/Dafa Bola)

Bolatimes.com - Salah satu kanal YouTube yang sering membahas sepak bola, Dafa Bola, mengunggah sebuah video yang menyudutkan pelatih Timnas Suriah U-20 seusai laga melawan Timnas Indonesia U-20.

Dalam narasi video tersebut, kanal YouTube Dafa Bola juga lebih banyak menjelaskan jalannya pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 melawan Suriah U-20.

Sebetulnya, tidak ada satu penjelasan atau narasi yang mengarah pada komentar pelatih Timnas Suriah, Mark Wotte, terkait pertandingan ini.

Akan tetapi, judul yang dipilih oleh kanal YouTube Dafa Bola tersebut sangat tendensius dan misleading. Sebab, judulnya sangat provokatif hingga menyebut pemain Timnas Indonesia U-20 Kurcaci.

“INDONESIA 1 VS 0 SURIAH - PENGAKUAN KONYOL & GBL*K PELATIH SURIAH USAI DISINGKIRKAN KURCACI,” bunyi judul video yang diunggah kanal YouTube Dafa Bola.

PENJELASAN

Seusai pertandingan, pelatih Timnas Suriah U-20, Mark Wotte, sebetulnya lebih banyak berkomentar soal buruknya permainan anak asuhnya U-20.

Performa buruk inilah yang membuat Suriah U-20 takluk dari Timnas Indonesia U-20. Mark Wotte juga mengakui, sejumlah pilar Suriah tak memperlihatkan performa terbaik ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia U-20.

Bahkan, pelatih asal Belanda itu juga memberikan penghargaannya untuk para pemain Timnas Indonesia U-20 yang sudah berhasil menjungkalkan anak asuhnya pada laga ini.

"Ketika pemain terbaik kami tidak bisa memberikan energi penuh, tentunya kami akan kalah. Dengan penghargaan saya untuk Indonesia, tapi kami sendiri yang menyebabkan kekalahan ini," terangnya.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, maka judul yang digunakan oleh kanal YouTube Dafa Bola itu tidak sesuai dengan fakta yang terjadi.

Sebab, tidak ada satu pun komentar pelatih Timnas Suriah U-20, Mark Wotte, yang menyebutkan bahwa para pemain Timnas Indonesia U-20 seperti kurcaci.

Informasi yang diedarkan oleh Dafa Fasya melalui judul video tersebut juga termasuk dalam kategori hoaks.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More