Rauhanda Riyantama
Aksi Luke Shaw saat Manchester United dilumat Liverpool 0-7. (AFP)

Bolatimes.com - Mohamed Salah menahbiskan dirinya sebagai top skor Liverpool di ajang Premier League atau Liga Inggris, usai membawa timnya menghajar Manchester United dengan skor 7-0.

Kemenangan besar itu didapat Liverpool saat menjamu rival abadinya tersebut di Anfield Stadium, Minggu (5/3) malam WIB.

Dalam duel itu, klub berjuluk The Reds itu mampu menggelontorkan satu gol di babak pertama dan enam gol di paruh kedua pertandingan.

Baca Juga:
Ramai Soal Pemain Naturalisasi di Liga Indonesia hanya Boleh Diisi satu Pemain, Striker Timnas Indonesia Angkat Bicara

Pesta gol Liverpool ini dibuka oleh Cody Gakpo pada menit ke-43, yang membuat tuan rumah menutup paruh pertama dengan keunggulan 1-0.

Di babak kedua, Liverpool langsung tancap gas dengan mencetak enam gol, masing-masing lewat Darwin Nunez dan Mohamed Salah dengan dua gol, dan satu gol dari Cody Gakpo serta Roberto Firmino.

Berkat enam gol itu, Liverpool pun menjadi tim yang memberikan kekalahan terbesar bagi Manchester United di pentas Premier League atau Liga Inggris.

Baca Juga:
Curhat Striker Andalan Shin Tae-yong di Piala Asia U-20: Stamina Jadi Problem Utama

Di sisi lain, kemenangan besar atas Man United itu turut mengantarkan penyerang andalan Liverpool, Mohamed Salah, menciptakan rekor-rekor bersejarah yang mematahkan pencapaian legenda di kubu The Reds.

Rekor pertama adalah penyerang berusia 30 tahun itu menjadi pemain Liverpool yang paling banyak mencetak gol ke gawang Man United, dengan torehan 9 gol.

Torehan itu mengalahkan rekor milik Steven Gerrard yang menjadi pemain Liverpool dengan gol terbanyak ke gawang Man United, yakni dengan 8 gol.

Baca Juga:
Usul Hanya Satu Pemain Naturalisasi di Klub Liga 1 dan 2, Ini Penjelasan Erick Thohir

Lalu rekor kedua pun tak kalah mentereng. Berkat dua golnya dalam kemenangan 7-0 atas Man United membuat Mo Salah menjadi pencetak gol terbanyak Liverpool di Premier League.

Dua gol ke gawang Man United itu membuat Mo Salah total telah mencetak 129 gol bagi Liverpool di ajang Premier League atau Liga Inggris.

Torehan itu mengalahkan legenda-legenda Liverpool, yakni Robbie Fowler yang telah mencatatkan 128 gol, Steven Gerrard dengan 120 gol, dan Michael Owen dengan 118 gol.

Baca Juga:
Pelatih Timnas Uzbekistan Mulai Ketar-ketir Hadapi Indonesia di Piala Asia U-20, Hal Ini yang Jadi Biangnya

Mo Salah pun mengaku senang dengan pencapaiannya tersebut yang dibuat di laga kontra Man United. Pasalnya, ia telah mengincar rekor ini sejak bergabung Liverpool.

“Saya sadar akan rekor, terutama rekor ini (pencetak gol terbanyak). Bagi saya, itu spesial. Ketika saya datang, setelah musim pertama saya dengan 31 gol, saya berpikir ‘Saya ingin menjadi top skor Liverpool di Premier League’,” ucap Mo Salah pasca laga, dikutip dari Mirror.

Apa yang dicapai Mo Salah ini pun terbilang apik. Pasalnya, ia berhasil memecahkan rekor itu di tahun ke-6 nya bersama Liverpool.

Sebagai informasi, eks Chelsea dan AS Roma ini bergabung Liverpool pada musim panas 2017 silam. Sejak kehadirannya ke Anfield itu, Mohamed Salah telah mencetak 178 gol dalam 291 penampilan di berbagai ajang.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More