Rauhanda Riyantama
Antonio Puerta semasa hidup saat berseragam Sevilla. (BRU GARCIA / AFP)

Bolatimes.com - Berikut kisah tragis tujuh pesepak bola yang meninggal dunia saat masih aktif berkarier di lapangan hijau, di mana mayoritas menghembuskan nyawanya saat masih bermain.

Tak ada manusia yang mengetahui kapan ajal akan menjemputnya. Hal serupa juga berlaku di bagi para pemain sepak bola.

Banyak kisah sedih hadir dari lapangan hijau, terutama dari para pemain yang harus meregang nyawa di dalam maupun di luar lapangan hijau.

Baca Juga:
Batal Dinaturalisasi, Pemain Keturunan Ini Tampil Apik hingga Dipromosikan ke Tim Senior, PSSI Menyesal?

Para pemain ini mirisnya harus menerima ajalnya kala masih aktif bermain atau tengah berada di puncak kariernya di kancah sepak bola.

Banyak penyebab para pemain harus meninggal dunia saat masih aktif bermain, entah itu karena penyakit dan bahkan ada yang sampai mengakhiri hidupnya sendiri.

Lantas siapa saja pesepak bola yang harus meninggal dunia saat masih aktif bermain dan berkarier di lapangan hijau? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
5 Pemain Timnas Suriah U-20 yang Main di Eropa, Timnas Indonesia Wajib Waspada

1. Antonio Puerta

Sergio Ramos pernah memiliki kawan karib pada diri Antonio Puerta saat masih membela Sevilla. Namun rekannya itu harus meninggal dunia akibat gagal jantung.

Mirisnya Puerta meninggal dunia saat dirinya hendak mendapat perawatan di rumah sakit, pasca kolaps di lapangan kala laga pembuka La Liga 2007/2008. Ia sempat sadar di lapangan sebelum menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit.

Baca Juga:
Deretan Talenta Penyerang Spanyol di Real Madrid, Terkini Ada Sosok Alvaro Rodriguez

2. Daniel Jarque

Andres Iniesta juga punya kawan karib di Catalan, yakni Daniel Jarque di Espanyol. Sayangnya, rekannya itu meninggal dunia pada 2009 silam akibat gagal jantung kala menjalani sesi latihan.

Setelah itu, Andres Iniesta pun mendedikasikan golnya di final Piala Dunia 2010 yang membawa Spanyol menjuarai ajang tersebut untuk Daniel Jarque.

Baca Juga:
3 Alasan Timnas Indonesia U-20 Bisa Kalahkan Suriah, Buka Peluang Lolos ke Perempat Final

3. Robert Enke

Robert Enke merupakan kiper milik Hannover 96. Pada 2009 silam, ia harus meninggal dunia usai mengakhiri hidupnya sendiri dengan menabrakkan dirinya ke kereta cepat di Jerman.

Diketahui, Robert Enke mengambil keputusan berat tersebut akibat mengalami masalah mental yang telah dideritanya sejak lama.

4. Eri Irianto

Kasus gagal jantung tak hanya terjadi di Eropa saja, melainkan juga di Indonesia. Hal tersebut dialami oleh Eri Irianto yang saat itu membela Persebaya Surabaya.

Eri Irianto mengalami gagal jantung di laga kontra PSM Makassar. Ia pun sempat dibawa ke rumah sakit. Namun ajal menjemputnya saat menjalani perawatan.

5. Marc Vivien Foe

Tak hanya di level klub, di laga internasional yang dihelat FIFA seperti Piala Konfederasi pun pernah menjadi saksi bisu saat Marc Vivien Foe mengalami kolaps di laga Kamerun vs Kamboja.

Diketahui, Marc Vivien Foe mengalami kolaps akibat hipertrofi kardiomiopati atau penebalan otot jantung. Ia pun kemudian meninggal dunia di rumah sakit saat usianya baru 28 tahun.

6. Miklos Feher

Eks Benfica, Miklos Feher, menambah barisan panjang pemain yang meninggal dunia akibat penyakit jantung. Hal tersebut terjadi kala dirinya membela Benfica di Liga Portugal.

Di laga kontra Vitoria itu, penyerang berkebangsaan Hungaria ini menghembuskan nafas terakhirnya di lapangan pasca jantungnya berhenti berdetak.

7. Piermario Morosini

Kasus gagal jantung juga menerpa Piermario Morosini, yang membuatnya meninggal dunia pada 2012 lalu di atas lapangan saat masih bertanding.

Morosini meninggal dunia kala dirinya membela Livorno di laga kontra Pescara akibat gagal jantung tersebut saat usianya baru 25 tahun.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More