Rauhanda Riyantama
Mantan pelatih timnas Amerika Serikat Jurgen Klinsmann. (EZEQUIEL BECERRA / AFP)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Korea Selatan, KFA, telah resmi menunjuk Jurgen Klinsmann sebagai pelatih anyar Timnas Korea Selatan.

Jurgen Klinsmann ditunjuk untuk menggantikan pelatih asal Portugal, Paulo Bento yang mengundurkan diri usai kegagalan timnas Korsel di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Jurgen Klinsmann dikabarkan mendapat kontrak sebagai pelatih Korsel hingga Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di tiga negara, Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada.

Baca Juga:
Daftar 5 Negara dengan Skuad Termahal di Piala Asia U-20 2023, Berapa Nilai Timnas Indonesia U-20?

Ditunjuk menjadi pelatih baru Korea Selatan, Jurgen Klinsmann mengaku bahwa ia merasa terhormat dan bisa meneruskan jejak pelatih hebat yang pernah menangani tim berjuluk Taeguk Warriors.

"Saya merasa terhormat mengikuti jejak pelatih hebat yang pernah memimpin tim Korea seperti Guus Hiddink hingga Paulo Bento," ucap Jurgen Klinsmann seperti dilansir dari Goal Internasional.

"Saya berharap dapat melakukan yang terbaik untuk membantu tim nasional Korea Selatan meraih kesuksesan di Piala Asia dan Piala Dunia 2026," tambahnya.

Baca Juga:
Jelang Persija vs Persib, Thomas Doll Ingatkan Pemain Soal Agresivitas Lini Depan

Profil Jurgen Klinsmann

Jurgen Klinsmann merupakan seorang pelatih yang sangat terkenal di dunia sepak bola. Sebab, rekam jejaknya saat masih bermain maupun ketika sudah menekuni dunia kepelatihan sangat istimewa.

Selama masih aktif bermain, Klinsmann bermain untuk sejumlah klub besar di Eropa, mulai dari VfB Stuttgart, Inter Milan, Monaco, Tottenham Hotspur, dan Bayern Munich.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-20 Ketemu Korea Selatan Jelang Piala Asia U-20 2023, Diajak Latihan Bersama Shin Tae-yong?

Dia juga menjadi bagian dari skuad Timnas Jerman Barat yang sukses menjuarai Piala Dunia 1990, lalu bersama Timnas Jerman sukses meraih trofi EURO 1996.

Jurgen Klinsmann dianggap sebagai salah satu penyerang legendaris yang pernah dimiliki Jerman. Sebab, dia selalu mencetak gol pada enam turnamen utama yang pernah diikutinya, mulai dari UEFA Euro 1988 hingga Piala Dunia 1998.

Saat sudah memutuskan pensiun, kiprah lelaki kelahiran Goppingen, Jerman Barat, pada 30 Juli 1964, ini juga terhitung istimewa.

Baca Juga:
Persis Ditekuk Bali United, Leonardo Medina: Liga Ini Butuh VAR!

Pasalnya, Jurgen Klinsmann sukses membawa Timnas Jerman menduduki peringkat ketiga pada Piala Dunia 2006. Selama berkarir, dia juga mengasuh banyak klub raksasa.

Tercatat, ia pernah menjadi pelatih Timnas Jerman (2004-2006), Bayern Munich (2008-2009), Timnas Amerika Serikat (2011-2016), Hertha BSC (2019-2020), dan terakhir ditunjuk sebagai juru racik Timnas Korea Selatan.

Selama mengasuh Timnas Korea Selatan selama lima tahun, Jurgen Klinsmann sukses mempersembahkan gelar CONCACAF Gold Cup 2013 dan runner-up Piala CONCACAF 2015.

Menurut kabar yang beredar, kontrak terbaru Jurgen Klinsmann bersama Timnas Korea Selatan akan berlangsung selama tiga tahun ke depan.

Sebab, targetnya ialah menyiapkan skuad terbaik untuk Timnas Korea Selatan untuk bisa meraih prestasi terbaik di Piala Dunia 2026.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More