Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Malaysia di Piala AFF 2022 merayakan kemenangan atas Singapura. (Instagram/@famalaysia)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia ditolak mentah-mentah oleh Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) saat mengajak berduel di FIFA Matchday Maret mendatang. Hal ini diungkap oleh pelatih Harimau Malaya, Kim Pan-gon.

Sebelumnya, Kim Pan-gon berupaya menghubungi sejumlah negara termasuk di Eropa dan Asia untuk pertandingan persahabatan dengan Malaysia. Termasuk negara asalnya Korea Selatan.

Namun, Kim Pan-gon menyebut KFA tak memberikan tanggapan positif atas ajakan yang diberikannya. Dia pun menilai, ini lantaran ranking FIFA Malaysia berbeda jauh dari Korsel yang merupakan langganan kontestan Piala Dunia.

Baca Juga:
Termasuk Indonesia, Berikut Daftar 16 Negara yang Lolos ke Piala Sudirman 2023

Timnas Malaysia kini bertengger di peringkat 145 ranking FIFA, bak bumi dan langit dengan Korea Selatan yang bercokol di urutan ke-25.

"Saya sudah menghubungi KFA untuk menggekar pertandingan persahabatan (lawan Malaysia), mamun mereka tidak memberikan respons positif. Kita harus membuktikan kalau kita tim bagus, dan layak menempati ranking100 ke atas, mungkin mudah untuk mengatur pertandinga," ujarnya dikutip dari Harimau Malaya, Selasa (21/2/2023).

Di sisi lain, Kim Pan-gon memahami sikap KFA. Dia menyadari, banyak tim yang juga akan melakukan hal sama,  menolak bertanding apabila lawannya berbeda level.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persis Solo vs PSS Sleman di BRI Liga 1, Kick Off 15.00 WIB

"Kita coba ajak negara Eropa atau negara besar Asia untuk pertandingan persahabatan, tetapi kadang-kadang bila pasukan ranking rendah mengundang kita untuk laga persahabatan, kita pun menolak. Sama juga dengan tim besar sebab mereka akan memilih lawan dengan ranking tinggi," terang juru taktik 52 tahun itu.

Adapun Timnas Malaysia berencana melakoni dua laga persahabatan di FIFA Matchday Maret 2023 dengan menghadapi Hong Kong dan Turkmenistan.

Baca Juga:
Ronaldo Kwateh Resmi Gabung Bodrumspor, Begini Respon Media Turki

Load More