Rauhanda Riyantama
Emir Qatar, Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani resmi ajukan penawaran untuk beli Manchester United. (Twitter)

Bolatimes.com - Salah seorang Emir Qatar, Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani, telah resmi mengajukan penawarannya untuk membeli 100% persen saham Manchester United yang saat ini berada di bawah penguasaan keluarga Glazer.

Dari kabar yang beredar, Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani telah mengajukan penawaran sebesar enam miliar poundsterling atau setara dengan Rp109 triliun.

Keluarga Glazer diketahui memang telah memulai proses penawarannya untuk menjual saham Manchester United sejak tahun lalu.

Baca Juga:
Dua Penggawa Ini Beri Andil Besar, Geser Ronaldo Kwateh hingga Dicoret Shin Tae-yong di Turnamen Mini Internasional

“Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani hari ini mengonfirmasi bahwa dia telah mengajukan penawaran untuk membeli 100 persen (saham) Manchester United Football Club,” kata Sheik Jassim dikutip Antara Sabtu, (18/2/2023).

Sheikh Jassim menyebut tawaran tersebut berencana mengembalikan klub ke masa kejayaannya baik di dalam dan luar lapangan. Dan yang terpenting, akan berusaha menempatkan para penggemar di sepak bola Manchester United lagi.

Ia mengajukan tawaran melalui Nine Two Foundation miliknya dan akan benar-benar bebas utang. Bila dia menjadi pemilik baru, Manchester United akan berinvestasi ke tim sepak bola, fasilitas latihan, stadion dan infrastruktur yang lebih luas.

Baca Juga:
Profil Sir Jim Ratcliffe, Pesaing Emir Qatar untuk Mengakuisisi Saham Manchester United

Profil Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani

Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani merupakan seorang miliarder asal Qatar yang tercatat lahir pada tahun 1982. Dia adalah anak dari Mantan Perdana Menteri Qatar, Hamad bin Jassim Al Thani.

Syekh Jassim telah meninggalkan negara asalnya, Qatar, untuk mengenyam pendidikan di Inggris Raya. Ia juga mengikuti Akademi Militer Kerajaan di Sandhurst dan lulus sebagai kadet perwira.

Baca Juga:
Oliver Colloty, Striker Selandia Baru U-20 yang Jadi Ancaman Timnas Indonesia U-20

Setelah menyelesaikan studinya, Al Thani kemudian melanjutkan karier di bidang bisnis. Dia sempat bekerja dengan berbagai perusahaan. Posisi utamanya ialah sebagai anggota dewan dan ketua.

Lelaki berusia 41 tahun ini juga sempat mengakui bahwa dirinya adalah fans sepak bola, khususnya Manchester United. Saat ini, dia menduduki sebagai pemimpin Qatar Islamic Bank.

Ini adalah salah satu bank terbesar di Qatar. Menurut informasi dari Forbes, Al Thani sudah menjadi pejabat tetap di posisi tersebut dan membawa perusahaan ini menjadi yang paling berharga ketiga di Qatar.

Baca Juga:
Resmi jadi Ketum PSSI, Erick Thohir Janjikan Training Center Cepat Selesai Tahun Depan

Sebelumnya, Al Thani memang pernah terjun untuk mengelola industri olahraga. Namun, ayahnya, yakni Hamad bin Jassim bin Jabar Al Thani berstatus sebagai pemilik klub raksasa Liga Prancis, Paris Saint-Germain.

Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani memang memiliki kekayaan yang sangat melimpah. Sebab, total kekayaan keluarganya diprediksi mencapai 275 miliar poundsterling atau setara dengan Rp5.023 triliun.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More