Rauhanda Riyantama
Pengusaha Inggris, Jim Ratcliffe. [BERTRAND GUAY / AFP]

Bolatimes.com - Emir Qatar, Sheikh Jassim Bin Hamad At Thani, bakal menghadapi Sir Jim Ratcliffe sebagai salah satu pesaingnya untuk mengakuisisi saham Manchester United.

Yang terbaru, Miliarder Inggris, Sir Jim Ratcliffe dilaporkan telah mengajukan tawaran secara resmi untuk membeli kepemilikan Manchester United. Ini menjadi tawaran kedua setelah munculnya nama Emir Qatar tersebut.

Penawaran Jim Ratcliffe tersebut dikonfirmasi oleh Grup INEOS, yang merupakan perusahaan miliknya dan ingin mengakuisisi penuh Manchester United.

Baca Juga:
Oliver Colloty, Striker Selandia Baru U-20 yang Jadi Ancaman Timnas Indonesia U-20

"Kami akan melihat peran kami sebagai penjaga jangka panjang Manchester United atas nama para penggemar dan masyarakat luas," kata INEOS dalam pernyataan mereka yang dikutip ANTARA dari AFP pada Sabtu (18/2/2023).

"Kami ambisius dan sangat kompetitif serta ingin berinvestasi di Manchester United untuk kembali menjadikan mereka klub nomor satu di dunia."

Profil Sir Jim Ratcliffe

Baca Juga:
Resmi jadi Ketum PSSI, Erick Thohir Janjikan Training Center Cepat Selesai Tahun Depan

Sebagai informasi, Sir Jim Ratcliffe merupakan seorang miliarder asal Inggris. Dia merupakan teknisi kimia kelahiran Failsworth, Oldham, pada 18 Oktober 1952.

Ratcliffe merupakan Ketua dan Chief Executive Officer (CEO) perusahaan bahan kimia, INEOS, yang didirikannya pada 1998. Dua pertiga sahamnya masih menjadi miliknya.

Perusahaan ini diprediksi memiliki omzet sebesar 65 miliar dollar pada tahun 2021. Ratcliffe sebetulnya tak memiliki profil yang tinggi. The Sunday Times sempat menyebutnya sebagai ‘pemalu publisitas’.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Ungkap Target saat Timnas Indonesia U-20 Hadapi Selandia Baru U-20

Pada Mei 2018, Ratcliffe menjadi orang terkaya di Inggris Raya, dengan total kekayaan bersih sebesar 21 miliar poundsterling. Pada April 2020, Bloomberg Billionaires Index memperkirakan kekayaan bersihnya mencapai 28,2 juta dollar.

Angka ini membuatnya menjadi orang terkaya ke-55 di dunia dan kedua di Inggris. Pada September 2020, Ratcliffe secara resmi mengubah domisili pajaknya dari Hampshire ke Onako, sebuah langkah yang memperkirakan akan menghemat pajak sebesar 4 juta pounds.

Sebetulnya, Ratcliffe sudah mulai mengincar membeli klub Liga Primer Inggris sejak 2022 lalu ketika Roman Abramovich menjual Chelsea. Namun, angka penawarannya sebesar 4,25 miliar poundsterling ditolak.

Baca Juga:
Debut di Cheltenham Town FC tapi Dibantai 4-0, Statistik Elkan Baggott Bikin Meringis

Pada Agustus 2022 lalu, Ratcliffe pun sudah menyatakan ketertarikannya untuk membeli saham Manchester United. Pada Oktober 2022, dia dirumorkan ingin berinvestasi di West Ham United.

Namun, pada Januari 2023, INEOS mulai mengumumkan secara terbuka bahwa mereka sudah menjalani proses formal untuk membeli Manchester United yang dikabarkan mencari investor baru.

Load More