Rauhanda Riyantama
Emir Qatar, Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani resmi ajukan penawaran untuk beli Manchester United. (Twitter)

Bolatimes.com - Emir Qatar, Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani telah resmi mengajukan penawaran untuk membeli Manchester United dari keluarga Glazer. Disebut-sebut, ia mengajukan tawaran senilai 6 milari pounds atau setara Rp109 triliun.

Keluarga Glazer diketahui memang telah memulai proses untuk menjual Manchester United sejak tahun lalu.

“Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani hari ini mengonfirmasi bahwa dia telah mengajukan penawaran untuk membeli 100 persen (saham) Manchester United Football Club,” kata Sheik Jassim dikutip Antara Sabtu, (18/2/2023).

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 2022 Hari Ini: Ada Duel PSM Makassar vs Persik Kediri dan RANS Nusantara vs Persib Bandung

Sheikh Jassim menyebut tawaran tersebut berencana mengembalikan klub ke masa kejayaannya baik di dalam dan luar lapangan. Dan yang terpenting, akan berusaha menempatkan para penggemar di sepak bola Manchester United lagi.

Ia mengajukan tawaran melalui Nine Two Foundation miliknya dan akan benar-benar bebas utang. Bila dia menjadi pemilik baru, Manchester United akan berinvestasi ke tim sepak bola, fasilitas latihan, stadion dan infrastruktur yang lebih luas.

Untuk diketahui, Sheikh Jassim adalah putra dari mantan Perdana Menteri Qatar, Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani yang merupakan salah satu orang terkaya di Qatar.

Baca Juga:
Manchester City Gagal Taklukkan Nottingham, Erling Haalang Ngamuk-ngamuk

Bila terjadi, maka ini akan melampaui kesepakatan olahraga terbesar saat pengusaha Amerika Serikat Todd Boehly membeli Chelsea dari Roman Abramovic.

Sementara itu, keinginan Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani untuk membeli Manchester United tidak akan mudah. Sebab miliarder Inggris, Sir Jim Ratcliffe dilaporkan telah mengajukan tawaran secara resmi untuk membeli kepemilikan Setan Merah.

Penawaran Jim Ratcliffe tersebut dikonfirmasi oleh Grup INEOS, yang merupakan perusahaan miliknya dan ingin mengakuisisi penuh Manchester United.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Taklukkan Osasuna, Real Madrid Tempel Ketat Barcelona di Puncak Klasemen

"Kami akan melihat peran kami sebagai penjaga jangka panjang Manchester United atas nama para penggemar dan masyarakat luas," kata INEOS dalam pernyataan mereka.

"Kami ambisius dan sangat kompetitif serta ingin berinvestasi di Manchester United untuk kembali menjadikan mereka klub nomor satu di dunia,'' lanjutnya.

“Kami mengikutinya dan Ini adalah klub kita, tetapi kami fokus ke sepak bola, di latihan dan gaya bermain kami,” terangnya.

Baca Juga:
Hasil Liga Italia Semalam: Duo Milan Kompak Menang, Persaingan Papan Atas Kian Memanas

Keluarga Glazer membeli Manchester United dengan nilai 790 juta poundsterling pada 2005. Sementara itu, pelatih Manchester United Erik Ten Hag menegaskan bahwa proses pembelian klub saat ini tidak akan mengganggu konsentrasi bagi dia dan para pemain.

Menurut pelatih asal Belanda itu, pihaknya sedang berfokus di sepak bola dan cara permainannya. Semantara keluarga Glazer dan para petinggi klub nantinya memiliki fokus di bagian lain. 

“Bagaimana menjalankan semuanya, termasuk soal finansial itu urusan mereka,” pungkas Erik Ten Hag.

Load More