Muhammad Ilham Baktora
Selebrasi Bruno Fernandes usai cetak gol saat Manchester United ditahan imbang Crystal Palace 1-1. (AFP)

Bolatimes.com - Meski Manchester United hanya bermain imbang saat bertemu Barcelona di leg pertama playoff Liga Europa 2022/2023. Perusahaan swasta asal Riyadh, Arab Saudi tetap tertarik mengakuisisi Setan Merah.

Menjelang batas akhir masa penawaran pada Jumat (17/2/2023). Perusahaan Arab Saudi ini bahkan dilaporkan sudah mencoba mengajukan penawaran untuk klub sepak bola Inggris yang menjuarai trofi Liga Champions tiga kali ini.

Melansir dari The Telegraph, Jumat sejumlah kelompok swasta di Riyadh telah meminta beberapa informasi secara resmi dan dimungkinkan akan membeli klub itu.

Baca Juga:
Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI, Media Vietnam Ungkit Pesan Presiden Jokowi

Sebelumnya, beberapa nama yang tertarik mengambil alih Setan Merah pun mulai mencuat. Beberapa hari lalu, Bos Tesla dan Twitter, Elon Musk dilaporkan serius untuk membeli klub dan tengah mencari peluang untuk itu.

Selain itu, miliader pemilik perusahaan kimia INEOS dan salah satu orang terkaya di Inggris, Jim Ratcliffe, juga mengumumkan niatnya untuk mengajukan penawaran kepada MU bulan lalu.

Tak hanya dua miliader tersebut, ada juga Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani yang disebut tertarik membeli Manchester United.

Baca Juga:
Vivin Cahyani Exco PSSI 2023-2027, dari Guru Hononer jadi Pengusaha hingga Bendahara Umum KONI Pusat

Di sisi lain, Manchester United adalah klub sepak bola terkaya keempat di dunia menurut analisis Deloitte.

Klub tersebut dimiliki oleh Keluarga Glazer sejak 2015. Keluarga tersebut sudah lama didesak untuk mundur oleh para penggemar MU selama bertahun-tahun karena prestasi klub yang semakin menurun sejak mereka ambil alih.

Manchester United, pernah merasakan kegemilangannya di tangan mantan pelatih Sir Alex Ferguson. Sejumlah trofi disabet Setan Merah.

Baca Juga:
Jelang Hadapi Timnas Fiji U-20, Kakang Rudianto dapat Wejangan Serius dari Luis Milla

Tidak hanya trofi Liga Inggris, trofi Liga Champions pun juga tak kalah diraih klub besar ini. Kemundurannya semakin terasa seusai Alex Ferguson hengkang.

Banyak interupsi dari pemilik modal hingga perseteruan kepemilikan klub. Manchester United terus berusaha naik di era keterpurukannya saat ini.

Pada klasemen Liga Inggris 2022/2023, MU menduduki peringkat ketiga. Anak asuh Erik Ten Hag mengoleksi 46 poin setelah di putaran musim pertama terseok-seok di urutan ke delapan Liga Inggris musim ini.

Load More