Muhammad Ilham Baktora
Thierry Henry. (Antara/Twitter)

Bolatimes.com - Timnas Amerika Serikat (AS) masih kekosongan pelatih kepala hingga saat ini setelah kontrak Gregg Berhalter berakhir. Nama Thierry Henry masuk dalam jajaran nama pelatih ke timnas tersebut.

Gregg Berhalter menyelesaikan kontraknya setelah Piala Dunia 2022 kemarin usai. Timnas AS harus terhenti di babak penyisihan grup.

Perlu adanya gaya baru bagi pemain-pemain AS untuk bertarung di level dunia mendatang. Pelatih baru dibutuhkan dalam mengarungi tim tersebut.

Baca Juga:
Momen Haru Kunjungan Terakhir Iwan Bule ke Timnas Indonesia U-20, Bikin Pelatih Kiper dan Translator Nangis

Henry memiliki pengalaman yang cukup dalam sepakbola Amerika Serikat (AS). Hal itu menyusul kiprahnya bermain untuk New York Red Bulls sebelum menjadi manajer di MLS bersama CF Montreal.

Meskipun penunjukan manajer tidak akan terjadi sampai musim panas, Thierry Henry mengungkapkan bahwa ia setidaknya terbuka untuk memimpin Timnas AS.

"Sulit mengatakan apakah saya akan maju [sebagai pelatih AS] karena menjadi nomor dua bukanlah sesuatu yang ingin saya lakukan. Tapi, tentu saja, saya ingin menjadi manajer di level mana pun," ungkap Henry dikutip dari CBS, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga:
Derby Jateng, Duel PSIS Semarang vs Persis Solo Digelar Tanpa Penonton

Tak hanya berkiprah sebagai pemain profesional saja, Beberapa kali Henry menjajal dunia kepelatihan sepak bola.

Henry memiliki pengalaman sebagai asisten pelatih di Belgia dari 2016-2021, serta sebagai pelatih CF Montreal dan AS Monaco. Meski begitu, ia tetap merendah dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang filosofi dan rencana Timnas AS sebelum membuat keputusan.

Saat ini, Timnas AS menunjuk Anthony Hudson sebagai pelatih interim. AS bakal memulai pertandingan di Nations League pada Maret 2023 nanti.

Baca Juga:
Jadwal pertandingan Proliga 2023 seri Yogyakarta, 16-19 Februari 2023

Timnas AS dijadwalkan akan menghadapi Timnas Grenada dan El Salvador.

Load More