Muhammad Ilham Baktora
Timnas China di Piala Asia U-23 2020. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Presiden Asosiasi Sepak Bola China (CFA) Chen Xuyuan ditahan terkait dugaan korupsi. Hal itu sesuai dengan pernyataan Komisi Pengawasan Disiplin Partai Komunis China (CPC) Provinsi Hubei lewat laman resminya

Dikutip dari Antara, Rabu (15/2/2023), Chen yang sebelumnya menjabat Sekretaris CPC di Shanghai International Port Co terpilih sebagai Presiden CFA pada Agustus 2019 lalu.

Pada Desember 2019 Chen juga ditunjuk sebagai Deputi Sekretaris CPC di CFA atau orang partai yang mengawasi induk organisasi sepak bola di China itu.

Baca Juga:
3 Alasan La Nyalla Tak Cocok Jadi Ketum PSSI yang Baru, Salah Satunya Pernah Korupsi

Chen bukan satu-satunya pejabat senior asosiasi sepak bola China yang pernah diringkus lembaga antirasuah di China itu.

Sebelumnya ada mantan pelatih kepala Timnas Chiina putra, Li Tie, mantan Sekretaris Jenderal CFA Liu Yi, dan Deputi Eksekutif Sekjen CFA merangkap Kepala Manajer Timnas China Chen Yongliang yang juga ditahan oleh lembaga utama disiplin partai berkuasa tersebut.

Seorang warganet pada November 2022 mengunggah tangkapan layar di akun Weibonya tentang gaji tahunan Li Tie sebesar delapan juta yuan atau sekitar Rp17,8 miliar namun tidak diimbangi dengan prestasi timnas putra.

Baca Juga:
Kronologi Neymar Dituduh Terlibat Kasus Korupsi, Terancam Penjara 5 Tahun

Otoritas antikorupsi China berhasil membongkar kasus korupsi yang melibatkan ofisial muda dan kasus perjudian sepak bola selama Piala Dunia Qatar.

"Jalan masih panjang untuk memberantas kasus kejahatan seperti perjudian sepak bola dan untuk memperkuat pengawasan ofisial muda," tulis situs resmi Komisi Pusat Pengawasan dan Supervisi Disiplin CPC.

[ANTARA]

Baca Juga:
Bos Chelsea Roman Abramovich Terseret Dugaan Korupsi Rp186 Triliun

Load More