Muhammad Ilham Baktora
Penyerang Liverpool Cody Gakpo melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Everton dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 di Stadion Anfield, Selasa (14/2/2023). (Twitter/@LFC)

Bolatimes.com - Terseok-seok dari awal musim Liga Inggris 2022/2023, Liverpool akhirnya mengakhiri tren buruk dengan menggulung Everton 2-0.

Liverpool tampil perkasa di Stadion Anfield, Liverpool, Selasa (14/2/2023) dini hari WIB.

The Reds yang sebelumnya gagal menang dalam empat laga terakhirnya, kini berhak naik satu strip ke posisi kesembilan dengan koleksi 32 poin. Sementara Everton tertahan di posisi ke-18 dengan 18 poin.

Baca Juga:
Deretan Pemain Top yang Gagal Tampil di Piala Dunia U-20 2023, Ada Wonderkid Manchester United

Mohamed Salah dan Cody Gakpo menjadi pahlawan kemenangan The Reds. Bagi Gakpo ini adalah gol perdananya sejak berseragam Liverpool.

Jalannya pertandingan

Everton sempat mengancam pada fase awal pertandingan. Di mana Joel Matip gagal menyapu bola dengan sempurna. Bola kemudian jatuh ke penguasaan Ellis Simms, namun sepakannya dapat diblok Joe Gomez.

Baca Juga:
Termasuk Real Madrid, Berikut 5 Klub Terakhir yang Juara Piala Dunia Antarklub

Peluang berikutnya menjadi milik Liverpool. Mereka mendapatkan bola di area pertahanan Everton, Darwin Nunez lantas mengirim bola ke kotak penalti tertuju pada Cody Gakpo, namun sundulan pemain Belanda itu melebar dari mulut gawang.

Gawang Liverpool sempat terancam saat sundulan James Tarkowski membentur tiang gawang. Namun justru Liverpool mampu memecahkan kebuntuan pada menit ke-37.

Dari satu skema serangan balik, Nunez mengirimkan umpan silang ke kotak penalti yang gagal ditangkap kiper Jordam Pickford, untuk kemudian dengan mudah disambar Mohamed Salah masuk ke gawang Everton. Skor berubah 1-0

Baca Juga:
Mohamed Salah Dinilai Kendor di Liverpool, Jurgen Klopp Mulai Berharap ke Cody Gakpo di Lini Depan

Menjelang turun minum Liverpool kembali mendapat peluang bagus. Kali ini umpan kiriman Andrew Robertson tertuju kepada Nunez, yang sepakannya masih dapat diblok pemain bertahan Everton.

Memasuki babak kedua, waktu baru berjalan empat menit, tepatnya pada menit ke-49, Liverpool menggandakan keunggulan.

Trent Alexander-Arnold bekerja sama dengan Salah, dan bek kanan ini mengirimkan umpan untuk disambar Cody Gakpo. Itu merupakan gol perdana Gakpo untuk The Reds.

Peluang bagus kembali dimiliki tuan rumah. Salah memberi umpan kepada Nunez, namun tembakan awal pemain Uruguay itu dapat diblok Pickford, sebelum tembakannya menyambar bola pantul melebar. Salah kemudian menjadi sosok yang mendapat peluang, tetapi sepakannya mengarah lurus ke Pickford.

The Toffees sempat memiliki peluang untuk memperkecil ketertinggalan saat umpan silang Alex Iwobi gagal ditangkap kiper Alisson Becker. Sayang sundulan Tom Davies tidak tepat sasaran.

Menjelang laga usai, dua peluang dimiliki oleh Liverpool. Pertama dari tembakan Salah yang dapat diblok James Tarkowski, berikutnya saat Pickford kembali dapat menyelamatkan gawang timnya dari ancaman Mohamed Salah.

Daftar susunan pemain Liverpool vs Everton:

Liverpool: Alisson, Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Joe Gomez, Andy Robertson, Jordan Henderson (James Milner 80'), Fabinho, Stefan Bajcetic (Naby Keita 90'), Mohamed Salah (Harvey Elliot 90'), Darwin Nunez (Diogo Jota 70'), Cody Gakpo (Roberto Firmino 80')

Everton: Jordan Pickford, Seamus Coleman, Conor Coady, James Tarkowski, Vitaluy Mykolenko, Abdoulaye Doucoure, Idrissa Gueye, Amadou Mvom Onana (Tom Davies 78'), Dwight McNeill (Neal Maupay 78'), Ellis Reco Simms (Demarai Gray 61'), Alex Iwobi

[ANTARA]

Load More