Irwan Febri Rialdi
Penyerang Bordeaux, Soni Kevin (kiri), bersaing dengan bek Lille Marko Basa dalam pertandingan Ligue 1 pada 23 Agustus 2015 di Stadion Pierre Mauroy di Villeneuve d'Ascq, Prancis utara. (AFP/Philippe Huguen)

Bolatimes.com - Kevin Soni menjadi salah satu pesepakbola Turki yang selamat dari guncangan gempa berkekuatan 7,9 magnitudo, kebiasaannya begadang sambil menunggu salat Subuh jadi alasannya.

Keajaiban di balik duka gempa Turki dialami Kevin Soni, salah satu pesepak bola yang selamat setelah begadang menanti waktu salat subuh.

Gempa berkekuatan 7,9 magnitudo menggucang Turki pada Senin (6/2/2023) pagi dinihari, menurut laporan AFP sebanyak 12.000 orang meninggal dunia.

Sementara ribuan lainnya mengalami luka-luka serius, satu korban selamat memiliki cerita keajaiban tersendiri yang dialaminya.

Kevin Soni, pesepak bola asal Kamerun yang bermain untuk Hatayspor, klub yang sama dibela mantan pemain Chelsea dan Newcastle United, Christian Atsu.

Soni merupakan pemain pinjaman dari klub kasta teratas Liga Yunani, Asteras Tripoli, di masa peminjaman yang nyaris merenggut nyawanya.

Ia pun bersyukur bisa selamat dari maut, setelah semalaman begadang sambil bermain Playstation hingga waktu menjelang subuh.

"Saya pulang setelah pertandingan," Soni kepada Footmercato,

"Saya sedang duduk (di rumah) dengan sepupu saya dan kami sedang bermain PlayStation. Sekira pukul 4 atau 5 pagi, tanah mulai bergetar," imbuhnya.

Soni dan saudaranya bahkan sempat tertimpa dinding kediamannya dan saat itu juga mereka berusaha keluar dari rumah dengan menaiki tangga.

Meski begitu keduanya sempat mengambil beberapa barang berharga seperti paspor dan telepon, di saat kondisi kebingungan.

"Saat itu, saya menyuruh sepupu saya untuk tenang. Ketika langit-langit dan dinding mulai menimpa kami, kami mulai melarikan diri menaiki tangga," ujar Soni.

"Kami hanya punya waktu untuk mengambil paspor dan telepon kami, saya bahkan tidak tahu bagaimana saya bisa memikirkan hal itu."

"Kami cukup beruntung untuk keluar dari gedung sebelum semuanya runtuh. Itu adalah hari ketika semuanya benar-benar berubah."

"Ada banyak kematian. Jika Anda memberi tahu saya itu seminggu sebelumnya, saya akan memberi tahu Anda bahwa itu tidak mungkin," imbuhnya.

Profil Kevin Soni:

Nama Lengkap: Kevin Soni
Tanggal lahir / Umur: 17 Apr 1998 (24)
Tempat kelahiran: Douala, Kamerun
Kewarganegaraan: Kamerun
Tinggi: 1,83 m
Posisi: Depan-Tengah
Pemain Nasional: Kamerun
Jumlah penampilan / Gol: 1 / 0

Karier Klub

2015 (Bordeaux U-19)
2016 (G. Bordeaux)
2017 (Pau FC)
2017 (G. Bordeaux)
2019 (CF Peralda)
2019 (Girona)
2020 (RCD Espanyol)
2021 (Girona)
2021 (Villarreal B)
2021 (Girona)
2021 (Celta Vigo B)
2021 (Girona)
2022 (Asteras Tripoli)
2023 (Hatayspor)

Kontributor: Eko
Load More