Rauhanda Riyantama
Pemain Fiorentina Gabriel Batistuta menanduk bola [AFP]

Bolatimes.com - Pesepak bola dunia tak jarang memiliki keahlian khusus yang membuat namanya semakin dikenal dan berbeda dengan pemain lainnya, spesialisasi yang jarang dimiliki pemain saat ini.

Spesialisasi pemain generasi 90-an menjadikan mereka berbeda dari pemain lain, selain itu juga membuat harga para pemain ini melambung tinggi.

Selain itu keahlian khusus yang dimiliki para pemain ini sangat jarang ditemui para pemain top Eropa saat ini, lantas siapa saja mereka? berikut di antaranya.

Baca Juga:
Nasib Miris Menimpa Malaysia jelang FIFA Matchday Maret 2023, Beda Jauh dengan Timnas Indonesia

1. Gabriel Batistuta

Gabriel Batistuta. (AFP)

Batistuta termasuk salah satu penyerang yang memiliki spesialisasi dalam tendangan, kekuatan kaki pemain Argentina ini sangat tidak masuk akal.

Sosoknya dikenal dengan tendangan sangat keras dan menariknya tepat sasaran, itulah mengapa Batistuta sangat ditakuti para penjaga gawang saat itu.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Tak Kunjung Beri Jawaban Pemanggilan TC dari Shin Tae-yong, PSSI Turun Tangan Surati KMSK Deinze

2. David Beckham

David Beckham melakukan tendangan bebas saat berseragam Timnas Inggris di Piala Dunia 2006. (Roberto Schmidt/AFP)

Bicara soal tendangan bebas, David Beckham termasuk pemain istimewa dengan spesialisasi bola-bola mati dari luar kotak penalti.

Beckham memiliki kekuatan kaki kanan yang sangat mengerikan, keahlian suami Victoria ini sering membuat kiper mlawan mati langkah.

Baca Juga:
Curhat Pemain Timnas Indonesia U-16 Dapat Menu Latihan Berat dari Shin Tae-yong

3. Oliver Bierhoff

Bierhoff merupakan legenda AC Milan, spesialisasinya dalam tandukan yang tidak mudah terlupakan dalam dunia si kulit bundar.

Salah satu keahlian yang paling dikenal dari sang pemain adalah tandukannya dalam mencetak gol yang sulit diantisipasi para bek dan kiper lawan.

Baca Juga:
Piala Dunia Antarklub: Real Madrid Hadapi Al Hilal di Final, Trofi Kelima di Depan Mata

4. Roberto Carlos

Gol tendangan jarak jauh bek Brasil, Roberto Carlos ke gawang Prancis pada 1997. (Twitter)

Bicara soal tendangan bebas tak lepas dari sosok Roberto Carlos, spesialisasinya dengan kaki kiri berkekuatan luar biasa.

Tak hanya Real Madrid yang pernah merasakan servisnya, tetapi juga timnas Brasil hingga membuat namanya sebagai salah satu bek terbaik dunia.

5. Zinedine Zidane

Pemain legenda Real Madrid, Zinedine Zidane saat bertanding (instagram/zinedinezidane10)

Playmaker terbaik sepanjang masa, Zinedine Zidane yang lihai mengatur alur bola dari lini tengah baik ke pos penyerangan maupun bertahan.

Keahlian Zidane selain sebagai playmaker kreatif adalah mencetak trofi gelar juara, begitulah yang bisa diberikan sang pemain untuk Juventus, Real Madrid dan timnas Prancis.

6. Genaro Gattuso

Pelatih AC Milan, Genaro Gattuso. (Sumber: Twitter/@acmilan).

Pemain penghancur kaki lawan dengan semangat tinggi dan motivasi yang berapi-api, tak hanya untuk AC Milan klub yang dibelanya hingga pensiun.

Akan tetapi juga timnas Italia dengan satu gelar Piala Dunia di tahun 2006, pemain dengan gaya khas seperti Gattuso sangat sulit ditemui di sepak bola era sekarang.

7. Jose Luis Chilavert

Eks kiper Timnas Paraguay Jose Luis Chilavert. (AFP/Mariano Sanchez)

Bakatnya sangat luar biasa sebagai salah satu pesepak bola kondang di era 90-an, kiper asal Paraguay dengan spesialisasi luar biasa.

Meski berposisi sebagai kiper, Chilavert memiliki keahlian dalam mengeksekusi bola-bol mati dari luar kotak penalti.

Kontributor: Eko
Load More