Muhammad Ilham Baktora
Pemain Liga Turki di klub Kasimpasa, Fode Koita. (Twitter/@ntvspor)

Bolatimes.com - Gempa bumi berskala magnitudo 7,7 di Turki dan Suriah menjadi duka mendalam. Pasalnya 12 ribu warga menjadi korban yang dilaporkan meninggal dunia.

Kengerian gempa bumi itu juga dirasakan oleh striker di Liga Turki. Bermain besama klub Kasimpasa, striker bernama Fode Koita mengingat jelas detik-detik gempa bumi terjadi yang nyaris menghilangkan nyawanya.

Untuk diketahui, Fode Koita adalah pemain yang berposisi striker di Kasimpasa. Bermain di Liga Utama Turki, Koita baru saja menelan kekalahan dari Hatayspor dengan skor 0-1.

Baca Juga:
Sindiran Keras Asisten Pelatih Shin Tae-yong kepada Klub yang Tak Lepas Pemain untuk TC Timnas Indonesia

Kecewa tak berhasil meraih kemenangan di pekan ke-23 Liga Utama Turki, Fode Koita juga mendapat musibah besar saat menginap di wilayah Hatay.

Ia menceritakan detik-detik gempa bumi terjadi. Tepatnya pada Senin (6/2/2023) pukul 04.17 saat dirinya terlelap, sebuah guncangan membangunkannya.

"Saya tiba-tiba sudah berada di lantai. Karena terkejut setelah bangun tidur, saya panik karena tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi," terang Koita dikutip dari The Daily Mail, Kamis (9/2/2023).

Baca Juga:
Manchester City Sewa Pengacara Top yang Setara Gaji Kevin De Bruyne, Ini Sosoknya

Panik sembari mengumpulkan kesadaran, Koita baru mengetahui jika semua benda di ruangan hotelnya bergerak kencang. Ia tersadar gempat menghantam Hatay pagi buta itu.

"Itu terjadi selama dua menit. Tapi rasanya seperti satu jam, sangat mengerikan," ungkapnya menggambarkan suasana gempa saat itu.

Beruntungnya, bangunan hotel tempat Koita menginap masih kokoh berdiri. Ia yang tersadar terjadi gempa, buru-buru berlindung di bawah meja untuk menghindari reruntuhan atap atau benda yang terletak tinggi.

Baca Juga:
Kiper Timnas Indonesia Alami Cedera Parah dan Harus Operasi, Diprediksi Absen hingga 8 Bulan

"Dua menit itu saya panik tak bisa berkata-kata dan mengikuti gerakan bangunan saja di bawah meja," kata dia.

Guncangan reda dan memastikan tidak ada barang yang menutupi akses jalan keluar kamar, Koita langsung berpakaian seadanya dan menghampiri rekan setimnya.

"Kami sadar kami harus segera keluar. Kami juga tak bisa berpakaian baik saat itu," katanya.

Beruntung dari kejadian itu dirinya masih diberi keselamatan. Rekan yang dia temui juga masih selamat. Namun untuk warga lain yang tinggal tak jauh dari hotelnya menginap Koita tak bisa memastikan.

Fode Koita sendiri merupakan pemain kelahiran Prancis. Ia sempat membela banyak klub seperti Montpellier, Lens, Le Havre dan Caen di Liga Utama Prancis.

Makan asam garam di Prancis, pemain 32 tahun ini berlabuh ke Turki pada 2016. Ia direkrut Kasimpasa dan pindah ke Trabzonspor. Saat ini dia justru dipinjamkan ke Kasimpasa dan kontrak peminjamannya berakhir pada 30 Juni tahun ini.

Load More