Irwan Febri Rialdi
Wonderkid Malaysia, Luqman Hakim, resmi gabung klub Islandia, Njardvik. (Dok. Njardvik)

Bolatimes.com - Luqman Hakim yang merupakan wonderkid asal Malaysia, dipinjamkan oleh klubnya di Belgia Pro League, KV Kortrijk, ke klub Islandia, Njardvik FC.

Pemain berusia 20 tahun ini diboyong KV Kortrijk ke Belgia pada Agustus 2020 lalu dari Selangor FC. Sayangnya bersama klub Belgia tersebut, Luqman masih belum mendapatkan banyak kesempatan di tim utama.

Tercatat dari data Transfermarkt, Luqman Hakim baru tampil dua kali pertandingan bersama KV Kortrijk. Ia pun kini akhirnya terbuang dengan dipinjamkan ke klub Liga Islandia bernama Njardvik FC.

"Njardvik FC mencapai kesepakatan dengan klub utama Liga Belgia KV Kortrijk untuk meminjam Luqman Hakim di sisa musim ini," tulis laporan resmi dari klub.

"Luqman berasal dari Malaysia dan merupakan pemain ofensif yang memiliki dua cpas internasional, Luqman berusia 20 tahun dan masuk daftar 60 pemain paling menjanjikan versi The Guardian pada tahun 2020," lanjut keterangan klub.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Njardvik FC ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Njardvik FC

Njardvik FC atau lebih dikenal dengan singkatan UMFN ini merupakan salah satu departemen yang ada dalam organisasi olahraga Ungmennafélag Njarðvíkur.

Klub multi-olahraga ini tidak hanya memiliki klub sepak bola, tetapi juga menaungi beberapa klub di cabang olahraga lain mulai dari bola basket, renang, angkat beban, gulat, hingga triathlon.

Adapun, klub multi-olahraga ini sudah berdiri sejak 1968 dan berbasis di kota Reykjanesbaer, Islandia. Oleh karena itu, klub sepak bola Njardvik FC juga tercatat terbentuk di tahun yang sama.

Di musim 2023 ini, Njardvik berkompetisi di 1. deild karla atau kasta kedua di Islandia. Mereka naik kasta setelah menjadi juara 2. deild karla atau kasta ketiga di Islandia pada 2022.

Dalam perjalanan sejarah klub ini, Njardvik FC memang lebih banyak berkutat di divisi bawah. Meski begitu, Njardvik terbilang mampu mencatatkan prestasi.

Mereka tercatat tiga kali menjuarai kasta kedua Liga Islandia masing-masing pada 1981, 2017, dan 2022. Selain itu, mereka juga pernah menjuarai League Cup B musim 2003.

Ajang ini merupakan turnamen pramusim di Islandia. Selain jadi juara di musim 2003, Njardvik FC juga meraih dua kali runner-up di musim 2012 dan 2017.

Saat ini Njardvik FC dilatih oleh Arnar Hallsson. Ia ditunjuk menjadi pelatih Njardvik pada 2022 lalu. Pria berusia 50 tahun itu juga merupakan mantan pesepak bola Islandia.

Kini, masa depan Luqman Hakim dan perkembangan kariernya bakal tergantung pada kesempatan yang diberikan oleh pelatih Njardvik tersebut.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More