Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Victor Osimhen usai cetak gol saat Napoli taklukkan Sampdoria 2-0. (AFP)

Bolatimes.com - Pendar Victor Osimhen bersama Napoli semakin terang di musim ini setelah berhasil mematahkan rekor Cristiano Ronaldo di Serie A.

Pada laga Napoli vs Spezia di pekan ke-21 Serie A, Minggu (5/2/2023), Osimhen menyumbang dua gol dalam kemenangan 3-0 Partenopei.

Gol pertama Osimhen pun dicetak dengan cara yang spektakuler. Pemain berusia 24 tahun itu melompat menyundul bola sapuan lawan di kotak penalti.

Lompatan Osimhen itu terhitung setinggi 2,56 meter dari tanah. Catatan ini membuatnya mengalahkan rekor Ronaldo bersama Juventus pada 2019 dengan lompatan setinggi 2,56 meter.

Selain mencatatkan rekor baru soal lompatan, dua gol ke gawang Spezia juga semakin menegaskan ketajaman Osimhen musim ini dengan catatan 16 gol dari 17 laga di Serie A.

Lantas, siapa sebetulnya Victor Osimhen ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Victor Osimhen

Sosok dengan nama lengkap Victor James Osimhen ini lahir di Lagos, Nigeria, pada 1998. Ia memulai karier sepak bola belia di Ultimate Strikers Academy yang ada di kampung halamannya.

Pada Januari 2016, usai tampil di Piala Dunia U-17, Osimhen bersepakat dengan VfL Wolfsburg dan 1 Januari 2017, ia resmi mengikat kontra profesional untuk pertama kalinya.

Kendati diikat kontrak selama 3,5 tahun, Osimhen tak banyak mendapat tempat. Cedera yang dialaminya membuat perannya di lapangan hijau amat minim dengan 14 kali saja selama 2 musim.

Bahkan, Osimhen sempat dipinjamkan ke Liga Belgia untuk bergabung dengan Charleroi pada 2018. Beruntung, selama 25 laga yang dijalaninya, ia sukses menyarangkan 12 gol.

Kebersamaan Osimhen dengan Charleroi kemudian berlanjut secara permanen. Namun, statusnya menggantung dan akhirnya diboyong oleh Lille pada 2019.

Satu musim di Lille, Osimhen langsung unjuk gigi dengan mencatatkan 17 gol dari 27 penampilan. Statistik itu bikin Napoli rela mengeluarkan duit hingga 75 juta euro untuk mendatangkannya.

Selama hampir tiga musim bersama Napoli, Victor Osimhen sudah mengemas 45 gol dan 13 assist dari 83 penampilan. Ia pun diambang meraih gelar perdananya bersama Napoli di level klub.

Sementara kariernya di timnas Nigeria dimulai sejak 2017. Hingga sekarang, Osimhen sudah mencatatkan 22 caps dengan 15 gol buat Nigeria.

Prestasi Victor Osimhen di level timnas sebetulnya cukup gemilang di tingkat kelompok umur. Ia pernah membawa Nigeria U-17 menjuarai Piala Dunia U-17 dan Piala Afrika U-23.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More