Irwan Febri Rialdi
Erling Haaland cetak hattrick saat Manchester City taklukkan Wolves 3-0. (AFP)

Bolatimes.com - Sejumlah bintang Manchester City berpotensi jadi rebutan jika klub asal Inggris ini benar-benar mendapat hukuman degradasi dari pihak Premier League atau Liga Inggris.

Manchester City didakwa atas dugaan pelanggaran aturan FFP yang terjadi antara 2009 dan 2018. Operator liga tertinggi Inggris itu juga menyebut City tidak bekerja sama sejak penyelidikan yang dimulai pada Desember 2018.

Manchester City diduga tidak memberikan laporan keuangan yang tidak jujur terkait pendapatan, biaya operasional dan kesepakatan sponsor. Mereka juga remunerasi kontrak sejumlah pelatih dan pemain di periode 2009-10 hingga 2015-16.

Selain itu, Manchester City juga dituduh melanggar aturan UEFA, termasuk Financial Fair Play (FFP) dari 2013-14 hingga 2017-18.

Manchester City lantas terancam berbagai hukuman berat yang salah satunya adalah degradasi. Tentunya jika hal ini terjadi bisa membuat sejumlah bintang mereka jadi rebutan tim-tim lain.

1. Erling Haaland

Ini bakal menjadi kehilangan besar yang dialami City jika Erling Haaland pergi. Ia baru saja didatangkan dari Borussia Dortmund pada musim panas lalu dengan biaya 60 juta euro.

Penampilan Haaland juga sangat luar biasa di musim perdananya bersama City. Dari 28 penampilan sejauh ini, penyerang 22 tahun itu sudah mencetak 31 gol di semua kompetisi.

2. Kevin De Bruyne

Dalam beberapa tahun terakhir, Kevin De Bruyne menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia. Kehilangan De Bruyne bakal menjadi kerugian besar berikutnya buat City.

De Bruyne juga sudah menjadi tulang punggung City sejak 2015. Selama hampir delapan musim di sana, De Bruyne sudah mencatatkan 335 penampilan dengan torehan 138 assist dan 89 gol.

De Bruyne juga berkontribusi dalam memberikan empat gelar Liga Inggris buat Manchester City.

3. Phil Foden

Pemain dengan harga pasar termahal di Manchester City ini juga berpotensi jadi rebutan tim-tim lain jika City benar-benar terdegradasi.

Kehilangan Foden akan sangat merugikan bagi City karena Foden merupakan pemain bintang masa kini yang merupakan jebolan akademi Manchester City.

Foden promosi ke tim utama City pada 2017 dan hingga saat ini sudah mencatatkan 196 penampilan dengan torehan 54 gol dan 37 assist.

4. Ruben Dias

Bintang Manchester City terakhir yang besar kemungkinan jadi rebutan jika mereka terdegradasi adalah bek asal Portugal, Ruben Dias.

Dias diboyong City dari Benfica pada musim panas 2020. Ia sudah mencatatkan 110 penampilan dengan mempersembahkan 2 gelar Liga Inggris.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More