Rauhanda Riyantama
Pep Guardiola saat memimpin Manchester City melawan Dinamo Zagreb dalam laga Grup C Liga Champions. (ANTHONY DEVLIN / AFP)

Bolatimes.com - Berikut daftar klub yang bisa jadi pelabuhan baru Pep Guardiola andai hengkang dari Manchester City, seiring adanya kasus Financial Fair Play (FFP) yang menjerat klub berjuluk The Citizens tersebut.

Bukan rahasia lagi jika saat ini Manchester City berada dalam sorotan seiring adanya dakwaan yang dijatuhkan pihak Liga Inggris terhadap mereka.

Dakwaan ini berkaitan dengan pelanggaran aturan keuangan. Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 100 pelanggaran yang dilakukan Man City.

Baca Juga:
Pertemuan Persija dengan Asisten Pelatih Shin Tae-yong Terkait Pemanggilan Pemain Timnas Indonesia, Begini Hasilnya

Akibatnya, Man City pun terancam sanksi berat dari Liga Inggris. Sanksi yang diberikan pun dapat berupa pengurangan poin, pencopotan gelar juara, ditendang dari kompetisi, hingga degradasi.

Sejatinya, dakwaan ini bukan kali pertama bagi Man City. Sebelumnya, klub asal Manchester ini sempat didakwa oleh UEFA beberapa tahun lalu.

Saat itu, Man City mendapat ancaman dari UEFA akibat pelanggaran aturan keuangan. Beruntung bagi The Citizens, mereka menang banding diajukan ke Badan Arbitrase Olahraga (CAS).

Baca Juga:
7 Pemain Persija dan Persib Belum Gabung TC Timnas Indonesia U-20, Ketum PSSI Colek Klub

Meski menang banding, kasus yang menimpa Man City ini menjadi perhatian Pep Guardiola selaku pelatih. Bahkan, eks pelatih Barcelona ini mengungkapkan akan hengkang jika timnya terbukti bersalah.

“Saya berkata kepada mereka (petinggi Man City): ‘Jika Anda membohongi saya, lusa saya sudah tak ada di sini’,” ujar Guardiola mengancam petinggi klub terkait kasus FFP, dikutip dari The Guardian.

(https://www.theguardian.com/ football/2022/may/07/pep- guardiola-i-would-leave- manchester-city-if-club- hierarchy-lied-to-me)

Baca Juga:
Persija Jakarta vs Arema FC, Thomas Doll Bakal Berikan Debut untuk Witan Sulaeman?

Jika Guardiola hengkang dari Man City, maka ada deretan klub yang bisa jadi pelabuhan barunya. Klub mana saja itu? Berikut daftarnya.

1. Paris Saint-Germain (PSG)

Paris Saint-Germain bisa jadi pelabuhan baru Pep Guardiola jika cabut dari Manchester City. Hal ini tak lepas dari ambisi klub berjuluk Les Parisiens tersebut yang ingin menaklukkan Eropa.

Baca Juga:
Begini Kabar Terbaru Pemain Kembar Keturunan Indonesia yang Main di Liga Jepang

Saat ini, PSG sendiri ditukangi Christophe Galtier dan punya sepak terjang apik. Akan tetapi, Les Parisiens tak akan berpikir dua kali untuk merekrut Guardiola jika ia menganggur usai pergi dari Man City.

2. Chelsea

Chelsea selaku rival Manchester City juga bisa menjadi pelabuhan baru Pep Guardiola, meski klub berjuluk The Blues itu memiliki kontrak panjang dengan sang pelatih, Graham Potter.

Sejatinya, Guardiola sempat menolak tawaran Chelsea beberapa tahun lalu karena kultur The Blues di bawah Roman Abramovich. Namun karena saat ini telah ada rezim baru, maka eks pelatih Bayern Munchen ini bisa saja tak menolak untuk bergabung rivalnya di Liga Inggris itu.

3. AC Milan

Jika ingin melanjutkan kariernya ke Italia seperti saat masih aktif bermain, Pep Guardiola bisa saja menerima pinangan dari AC Milan.

Saat ini, AC Milan tengah dalam ketidakpastian seiring penampilan buruk timnya di bawah arahan Stefano Pioli. Jika sang pelatih dipecat, maka klub berjuluk Il Diavolo Rosso ini bisa saja merekrut Guardiola sebagai pengganti.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More