Galih Prasetyo
Wasit asal Jerman Aytekin melihat layar VAR (Video Assistant Referee) saat Inggris menghadapi Italia di laga persahabatan di Wembley. (AFP/Ian KINGTON)

Bolatimes.com - Ketua komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina akan menerapkan penggunaan teknologi video assistant referee (VAR) yang lebih mudah untuk dipahami penonton dari layar kaca.

Demi bisa menerapkan teknologi VAR yang lebih mudah untuk dipahami penonton layar kaca, FIFA sudah membahasanya dengan IFAB, dewan asosiasi sepak bola internasional.

Pada pertemuan yang berlangsung 18 Januari 2023 di Stadion Wembley, pihak IFAB dan FIFA memutuskan untuk VAR bisa dilihat langsung dari tayangan saluran TV.

Baca Juga:
Lolos ke Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, Brasil U-20 Diperkuat Wonderkid Chelsea

Kebijakan ini sebenarnya sudah dijalankan FIFA di perhelatan Piala Dunia Antarklub yang sekarang berlangsung di Maroko.

"Kami memutuskan untuk melakukan tes ini karena kami telah menerima beberapa saran agar keputusan wasit setelah adanya intervensi VAR dapat dipahami oleh semua orang di depan TV," ucap Collina seperti dilansir dari laman resmi FIFA.

Diakui Collina, kendala bahasa menjadi salah satu pekerjaan rumah untuk VAR bisa dilihat dari tayangan televisi.

Baca Juga:
Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Malaysia Iri

"Karena (kendala) bahasa bisa menjadi masalah, kami pikir Piala Dunia Antarklub sempurna untuk dilakukan uji coba karena merupakan kompetisi dengan penonton multibahasa dengan tim dari enam benua yang berbeda," lanjutnya.

"Bahasa bisa menjadi masalah dalam sepak bola, terutama ketika Anda (wasit) harus membuat pengumuman dalam bahasa yang bukan bahasa ibu Anda. Mungkin tidak selalu mudah. Tapi pengumumannya harus singkat dan saya yakin wasit akan bisa melakukannya,"

Tes ini akan berlanjut sampai pada babak final Piala Dunia Antarklub yang berlangsung pada 11 Februari 2023 di Rabat.

Baca Juga:
Update Negara yang Resmi Lolos ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, Terbaru Ada Brasil dan Uruguay

Nantinya FIFA akan coba menerapkan hal ini pada Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia. Namun, keputusan ini akan diambil tergantung pada hasil tes di Piala Duni Antarklub 2023.

Jika berhasil diterapkan di Piala Dunia Antarklub 2023 dan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, kebijakan VAR ini juga akan diterapkan di Piala Dunia Wanita 2023 yang akan berlangsung di Australia dan Selandia Baru.

Baca Juga:
Jokowi Pasang Target untuk Timnas Indonesia yang akan Tampil di Piala Dunia U-20 2023, Juara?

Load More