Irwan Febri Rialdi
Eks pemain Chelsea Christian Atsu yang jadi korban gempa Turki-Suriah (@ChelseaFC)

Bolatimes.com - Mantan pemain Chelsea, Christian Atsu, menjadi korban gempa dahsyat yang menerpa Turki. Beruntung, kabar terkini ia berhasil diselamatkan.

Gempa berskala 7,8 skala richter mengguncang Turki, Senin (6/2/2023). Ada banyak bangunan runtuh dan korban luka serta meninggalkan karena bencana alam itu, salah satunya Atsu yang sempat terjebak di reruntuhan gedung.

Daily Mail mengabarkan bahwa Atsu sudah selamat dari reruntuhan. Seorang Jurnalis, Saddick Adams, yang kemudian mengklai bahwa dirinya bisa menghubungi tim manajemen Atsu, mereka yang mengkonfirmasi bahwa pemain 31 tahun itu selamat.

Namun kondisi Atsu tidak baik-baik saja usai dievakuasi. Ia mengalami masalah pada kaki kanannya dan susah untuk bernapas.

Lantas, siapa sebetulnya Christian Atsu ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Christian Atsu

Sosok dengan nama lengkap Christian Atsu Twasam ini lahir di Ada Foah, Ghana, pada 10 Januari 1992. Ia mengawali karier sepakbolanya dengan bergabung dengan akademi di Ghana.

Ia sempat menimba ilmu di Feyenoord Fettah dan Cheetah, lalu pada 2009 ia bergabung dengan tim junior FC Porto di Portugal. Dari sana, kariernya mulai melejit.

Setelah tiga tahun di tim akademi Porto, Atsu promosi ke tim utama Porto pada 2011. Namun, ia menjalani serangkaian peminjaman ke klub Portugal lainnya, Rio Ave.

Kabar mengejutkan datang kepada Christian Atsu yang diboyong Chelsea pada 2013 dengan biaya 3,5 juta poundsterling. Namun, ia langsung dipinjamkan ke klub-klub lainnya.

Selama lima musim kontraknya bersama The Blues, Atsu sama sekali tak pernah bermain untuk Chelsea. Ia justru terus dipinjamkan berturut-turut, mulai dari Vitesse, Everton, Bournemouth, Malaga, hingga Newcastle United.

Hingga akhirnya Atsu dipermanenkan oleh Newcastle pada 2017 dengan biaya 6,2 juta poundsterling. Setelah lima musim di Newcastle, Atsu hengkang ke Arab Saudi untuk bermain di Al-Raed.

Hanya satu musim di sana, Christian Atsu bergabung dengan klub Turki, Hatayspor, pada musim panas 2022. Ia baru mencatatkan 4 penampilan di musim ini sebelum gempa mengguncang Turki yang membuat semua kegiatan olahraga dihentikan sementara waktu.

Adapun untuk karier Christian Atsu di timnas Ghana adalah mencatatkan 65 caps dari 2012 hingga 2019 dengan koleksi 9 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More