Irwan Febri Rialdi
Bek Mainz Aaron Martin (kanan) dan bek Bayern Munich Joao Cancelo berebut bola selama pertandingan 16 besar Piala Jerman (DFB Pokal) di Mainz, barat daya Jerman pada 1 Februari, 2023. (AFP/Thomas Kienzle)

Bolatimes.com - Angkat kaki dari Manchester City, kualitas bermain Joao Cancelo langsung menggetarkan Bundesliga Jerman usai melakoni debut bersama Bayern Muenchen.

Hijrah ke Bayern Muenchen dengan status pemain pinjaman hingga akhir musim, keputusan Pep Guardiola mendepak secara halus pemain Portugal ini masih dipertanyakan.

Pasalnya usai bergabung dengan Bayern Muenchen, Cancelo langsung menampilkan performa berkelasnya dengan mencetak satu assist di laga debut.

Torehan itu diciptakan Cancelo saat dimainkan Muenchen di ajang Piala DFB-Pokal pada Kamis (2/2/2023) dinihari melawan Mainz.

Tujuh belas menit bermain setelah dipercaya sebagai starter, waktu yang dibutuhkan Cancelo menjawab kepercayaan sang pelatih lewat umpan manis manjanya.

Hasil umpan silang khas bek modern di era sekarang, dari sisi kiri pertahanan lawan dan langsung disambut Eric Maxim Choupo-Moting hingga berbuah gol.

Ayunan bola yang sangat akurat dari kompatriot Cristiano Ronaldo, sementara Choupo-Moting berhasil menyelesaikannya dengan rapi di tiang belakang.

Gol pembuka dari 4 gol yang tercipta ke gawang Mainz, Jamal Musiala, Leroy Sane dan Aplhonso Davies masing-masing menyumbang satu gol.

Pujian pun dilontarkan salah satu bintang muda Muenchen untuk Cancelo yang dianggap sebagai pelengkap kepingan puzzle sempurna milik The Bavarian.

"Dia sangat cocok - dia secara teknis bagus. Umpan silangnya luar biasa." ucap Jamal Musiala.

Tak hanya Musiala, Julian Nagelsman selaku pelatih Bayern Muenchen juga melontarkan pujian setinggi langit untuk anak asuh barunya itu.

"Joao memainkan permainan yang sangat bagus," ucap Julian Nagelsman.

"Dia sangat kreatif, memainkan beberapa operan dan umpan silang yang hebat dan juga melakukan lari dalam yang sangat bagus," lanjutnya.

"Dia bermain di bawah salah satu manajer terbaik di dunia. Saya hanya mengatakan kepadanya untuk memainkan permainannya dan tidak terlalu banyak berpikir," imbuhnya.

Meski berstatus pinjaman, klausul yang disepakati kedua klub memberi opsi permanen untuk pemain 28 tahun itu dengan nominal 61,5 juta poundsterling.

Kontributor: Eko
Load More