Irwan Febri Rialdi
Kaoru Mitoma, winger Jepang yang membela Brighton & Hove Albion (Instagram @kaoru.m.0520)

Bolatimes.com - Kaoru Mitoma jadi buah bibir usai membawa Birghton & Hove Albion berhasil menyingkirkan Liverpool di babak keempat Piala FA 2022/23.

Dalam pertandingan di Stadion Amex, Minggu (29/1/2023) malam WIB itu, Kaoru Mitoma mencetak gol pada menit 90+2' untuk membawa Brighton membungkam Liverpool 2-1.

Liverpool sejatinya unggul terlebih dahulu di laga ini via Harvey Elliott pada menit ke-30. Tetapi, Brighton berhasil menyamakan kedudukan sembilan menit berselang.

Gol penyama kedudukan ini dicetak oleh Lewis Dunk, tepatnya pada menit ke-39. Setelah bertempur sepanjang laga, Brighton akhirnya memaksa Liverpool bertekuk lutut. Sebab, Kaoru Mitoma sukses mencetak gol telat pada menit ke-90+2 untuk membawa timna berbalik unggul 2-1.

Dengan golnya tersebut, Kaoru Mitoma tentu saja dielu-elukan oleh berbagai fans sepak bola karena sukses membuat The Reds gigit jari setelah langkahnya di Piala FA 2022-2023 harus terhenti.

Kaoru Mitoma pun jadi topik perbincangan yang hangat di kalangan sepak bola. Bahkan, nilai pasarnya pun jadi perhatian publik.

Dan, benarkah bahwa harga pasar Mitoma sama dengan pemain bintang di Liga 1?

Sebuah akun Twitter @nocontextfooty membagikan screenshot profil Mitoma yang punya harga pasar 2,6 juta euro atau setara Rp 42 miliar.

Nyatanya, harga itu merupakan nilai pasar Mitoma pada Januari 2022 saat masih membela klub Belgia, Royale Union Saint Gilloise.

Nilai pasar Mitoma terus melonjak seiring penampilannya yang menanjak dan kepindahannya kembali ke Brighton pada Juni 2022 lalu.

Harga pasar Mitoma langsung naik menjadi 3 juta euro pada September 2022.  Harga ini naik dua kali lipat pada November menjadi 6 juta euro.

Terbaru, menurut data Transfermarkt, harga pasar Kaoru Mitoma adalah 8,5 juta euro per Desember 2022 atau setara Rp 138 miliar.

Nilai pasar ini tentu sangat jauh dengan deretan pemain bintang di Liga 1. Pemain dengan harga pasar termahal di Liga 1 adalah penyerang asing Persija, Michael Krmencik, dengan 1,5 juta euro atau Rp 24 miliar.

Bahkan nilai pasar ini juga sangat jauh dari bintang Timnas Indonesia sekaligus pemain naturalisasi, Marc Klok. Gelandang Persib Bandung itu punya nilai pasar 450 ribu euro atau setara Rp 7,4 miliar.

Harga pasar Kaoru Mitoma memang pernah lebih rendah dibanding bintang-bintang di Liga 1 dan Timnas indonesia. Mitoma pernah punya nilai pasar hanya 50 ribu euro pada 2019 saat masih membela klub Jepang, Kawasaki Frontale.

Namun hanya dalam dua tahun, harga pasar Kaoru Mitoma melonjak dratis dengan mencapai 1,8 juta euro per Juni 2021. Di tahun itu, Mitoma pun direkrut oleh Brighton dengan biaya 3 juta euro.

Ia sempat menjalani masa pinjaman selama semusim ke Royale Union Saint Gilloise sebelum kembali memperkuat Brighton dan berpendar di sana.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More