Rauhanda Riyantama
Liverpool usai mengalahkan Napoli di Liga Champions. (Oli SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Liga Inggris 2022-2023 penuh kejutan dengan sederet tim besar yang mengalami penurunan performa secara drastis, berbanding terbalik di musim-musim sebelumnya.

Tampil angin-anginan hingga berujung dengan kekalahan, sejumlah klub papan atas Premier League sedang mengalami fase perubahan nasib.

Dari yang sebelumnya tampil garang dan selalu mengalahkan lawan-lawannya, kini justru menjadi tim pesakitan yang membuat para suporter kecewa.

Baca Juga:
Gabung Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam Sampaikan Pesan Haru untuk Ansan Greeners

Lantas klub mana saja yang mengalami penurunan performa? berikut sederet klub besar Premier League yang tampil jauh dari harapan.

1. West Ham United

Sejak kedatangan David Moyes pada Desember 2019, The Hammers sebenarnya mengalami perkembangan dan bahkan sempat menghuni peringkat keenam klasemen musim 2021-2023.

Baca Juga:
Resmi Gabung Jeonnam Dragons, Ini Kata-kata Pertama Asnawi Mangkualam

Seain itu klub ini juga lolos hingga semifinal Liga Europa, di musim ini nasib berkata lain West Ham terpuruk dan menghuni peringkat ke-16 klasemen sementara Liga Inggris.

Faktor cedera dan strategi transfer yang salah kaprah menjadi penyebabnya, padahal dana sekitar Rp3,1 triliun dihabiskan untuk belanja pemain.

2. Leicester City

Baca Juga:
Resmi! Asnawi Mangkualam Gabung Jeonnam Dragons

Sejak kesuksesan di musim 2015-2016, Leicester City tidak lagi klub yang sama yang mampu mengalahkan setiap lawan-lawan di atas lapangan.

Banyakmnya pemain yang pensiun dan dibeli tim lain menjadi faktor utama gembosnya The Foxes, meskipun sebelumnya mampu finish di tempat kelima dalam dua musim beruntun.

Leicester City justru seperti kehilangan bahan bakar di musim ini usai berada di urutan ke-14 dan hanya terpaut satu poin dari zona degradasi.

Baca Juga:
Dikaitkan dengan Marselino Ferdinan, Instagram Jong KAA Gent Langsung Diserbu Netizen Indonesia

3. Chelsea

Gelontoran dana miliaran rupiah nyatanya tak membuat Chelsea mampu berkembang menjadi tim besar tanpa memetik hasil yang mengewakan.

Dimulai dari pergantian kepemilikan hingga berujung kekacauan di tubuh Chelsea, banyak pemain didatangkan namun seperti tidak sesuai ekspektasi.

Hingga pekan ke-20 Liga Inggris musim ini, Chelsea hanya mampu bertahan di peringkat ke-10 klasemen sementara.

4. Liverpool

The Reds menjadi tim yang paling mencolok penurunan performanya, setelah sebelumnya digadang-gadang bakal menjadi pesaing Manchester City dalam perebutan gelar juara.

Liverpool justru terpuruk, bertengger di peringkat ke-9 klasemen sementara Liga Inggris musim ini hingga pekan ke-20.

5. Tottenham Hotspur

Banyak pemain top didatangkan Tottenham pada bursa transfer musim panas 2022, namun strategi ini juga tak kunjung memberi prestasi signifikan untuk klub.

Spurs masih tim yang sama, penuh kejutan dan selalu kalah dalam persaingan perebutan gelar juara Premier League setiap tahunnya.

Meskipun performa tim berjuluk The Lily Whites ini tidak begitu anjlok, masalah internal ditengarai menjadi persoalan utama tim ini.

Kontributor: Eko
Load More