Rauhanda Riyantama
Dusan Vlahovic cetak gol penyama kedudukan saat Juventus ditahan imbang Bologna 1-1. (AFP)

Bolatimes.com - Klasemen terbaru Liga Italia 2022/2023 usai Juventus dihukum pengurangan 15 poin. Kini Bianconeri terjun bebas ke peringkat 10, yang awalnya berada di posisi tiga.

Juventus disanksi akibat kasus pemalsuan nilai transfer pemain dan laporan keuangan. Kabar itu diumumkan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) pada Jumat (20/1/2023) malam WIB.

Sanksi ini membuat Juventus yang sejatinya menduduki urutan tiga klasemen dengan koleksi 37 poin, kini terjun bebas ke peringkat 10 dengan 22 poin.

Baca Juga:
Juventus Dihukum Pengurangan 15 Poin, Ini Sebabnya!

Juventus bersama delapan klub lain yakni Sampdoria, Pro Vercelli, Genoa, Parma, Pisa, Empoli, Novara, dan Pescara sejatinya telah dibebaskan dari tuduhan pemalsuan laporan keuangan.

Namun, bukti-bukti baru kembali menyeret Bianconeri hingga dipastikan bersalah dan berujung hukuman yang tak hanya menyasar klub tetapi juga 11 orang dijajaran direksi yang dilarang berkecimpung di sepak bola Italia daam waktu bervariasi.

Penyelidikan ini menyebabkan jajaran dewan Juventus mengundurkan diri pada November, yang juga menandai berakhirnya era Agnelli dan Pavel Nedved. Nama terakhir merupakan legenda Bianconeri yang sebelum mundur menjabat sebagai wakil Presiden.

Baca Juga:
Deretan Bintang yang Lahir dari Garuda Select, Ada Bagus Hahfi hingga Kini Rafly Selang dan Lotra Widianto

Selain mereka, ada juga Fabio Paratici yang kini menjabat sebagai Direktur Olahraga Tottenham Hotspur. Dia ikut kena sanksi tetapi larangan berkecimpung di sepak bola yang dijatuhi FIGC untuk sementara cuma berlaku di Italia.

Kepala jaksa Giuseppe Chine, setelah meluncurkan penyelidikan di klub, mengatakan dia merasa yakin dia memiliki "elemen bukti baru yang menunjukkan adanya kejahatan," menurut La Gazzetta della Sport.

Juventus dilaporkan akan mengajukan banding ke Guarantee College dari komite olimpiade nasional Italia (CONI) untuk melihat apakah poin yang dikurangi dapat dikembalikan.

Baca Juga:
Profil Philippe Troussier, Pelatih Baru Timnas Vietnam Pengganti Park Hang-seo

Khusus untuk Paratici, Jaksa FIGC telah secara resmi meminta UEFA dan FIFA untuk memperpanjang larangan berkecimpung di sepak bola di luar Italia.

Berikut klasemen terbaru Liga Italia 2022-2023 usai Juventus dihukum pengurangan 15 poin:

Klasemen Liga Italia 2022-2023 usai Juventus dihukum pengurangan 15 poin. [Flash Score]

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Gol Tunggal David Da Silva Bawa Persib Bandung Tundukkan Madura United

Load More