Rauhanda Riyantama
Gelandang Arsenal Granit Xhaka merayakan gol bersama rekan-rekan satu tim dalam pertandingan Liga Europa antara Arsenal dan PSV Eindhoven di Stadion Emirates di London pada 20 Oktober 2022. ANTARA/AFP/ADRIAN DENNIS.

Bolatimes.com - Berikut lima tim yang menjadi pemuncak klasemen di lima liga top Eropa musim ini, di mana beberapa tim yang sempat terpuruk perlahan mulai bangkit dan merajai kancah domestik.

Sepak bola Eropa selalu menjadi kiblat di dunia saat ini. Hal ini ditandai dengan adanya Top 5 Leagues atau lima liga top yang biasa menjadi acuan dan tontonan masyarakat di dunia.

Di kancah Eropa, lima liga top yang jadi pusat perhatian tersebut adalah Liga Inggris (Premier League), Liga Italia (Serie A), Liga Spanyol (La Liga), Liga Prancis (Ligue 1), dan Liga Jerman (Bundesliga).

Baca Juga:
Istimewa, Luis Suarez Cetak Hattrick dalam 38 Menit saat Debut di Gremio

Kelima liga ini selalu mampu menarik atensi dengan banyaknya bintang di setiap kontestan dan persaingan yang ada di dalamnya.

Persaingan ini terus berlangsung di setiap musimnya, sehingga liga-liga top Eropa ini mampu menghasilkan kejutan demi kejutan.

Di musim 2022/2023 ini saja, kejutan banyak tercipta, seperti melempemnya Chelsea dan Liverpool yang bertengger di papan tengah Liga Inggris.

Baca Juga:
3 Pelatih Murid Pep Guardiola yang Kini Puncaki Klasemen Bareng Klubnya

Belum lagi dengan Liga Italia yang kini pun telah menghadirkan The Big Six atau enam tim yang bersaing di papan atas.

Pun dengan Liga Prancis yang tak lagi didominasi Paris Saint-Germain, usai beberapa tim mulai menunjukkan kualitasnya untuk bersaing.

Makin ketatnya liga-liga top Eropa ini membuat muncul kejutan di puncak klasemen, di mana beberapa tim yang sempat terpuruk, kini justru berhasil menjadi juara paruh musim di liganya.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Dewa United Hajar Persikabo 2-0

Lantas, siapa saja pemuncak klasemen di lima liga top Eropa saat ini dan berhasil menjadi juara paruh musim? Berikut daftarnya.

1. Arsenal (Liga Inggris)

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta. (AFP)

Keberhasilan Arsenal menjadi juara paruh musim dan pemuncak klasemen sementara Liga Inggris 2022/2023 terbilang mengejutkan.

Baca Juga:
3 Keuntungan Bagi Timnas Indonesia jika Piala AFF Masuk Kalender FIFA

Pasalnya, Arsenal merupakan tim termuda di Liga Inggris saat ini. Selain itu, di musim lalu The Gunners sempat terpuruk dengan terlempar dari zona empat besar.

Kini strategi apik Arsenal di musim panas 2022 lalu membuahkan hasil dengan duduk di puncak klasemen Liga Inggris musim ini dengan keunggulan delapan poin dari pesaing terdekatnya, Manchester City.

2. Napoli (Liga Italia)

Selebrasi pemain Napoli saat taklukkan Juventus 5-1 di Liga Italia. (AFP)

Saat Liga Italia 2022/2023 dimulai, banyak yang meyakini AC Milan, Inter Milan, atau Juventus akan melenggang dengan mudah ke posisi teratas.

Namun hingga pekan ke-18 ini, Napoli mampu memberikan kejutan dengan menempati puncak klasemen sementara Liga Italia 2022/2023 dengan keunggulan 9 poin atas peringkat kedua.

Kehebatan Napoli ini tak lepas dari strategi di bursa transfer musim panas 2022 lalu yang mendatangkan pemain berbakat seperti Khvicha Kvaratskhelia, Giovanni Simeone, dan Giacomo Raspadori.

3. Barcelona (Liga Spanyol)

Barcelona lolos ke final Piala Super Spanyol usai kalahkan Real Betis lewat drama adu penalti di babak semifinal. (AFP)

Saat banyak pihak menjagokan Real Madrid bakal melenggang mulus di Liga Spanyol 2022/2023, Barcelona memberikan kejutan dengan memuncaki klasemen sementara dengan keunggulan tiga poin atas rivalnya.

Keberhasilan ini terbilang mengejutkan. Sebab, Barcelona tengah terlilit masalah pelik berupa krisis finansial sejak musim lalu.

Tapi pergerakan transfer yang ciamik di bursa transfer musim panas dengan mendatangkan Robert Lewandowski dan sederet pemain gratisan membuat Barcelona menuai kesuksesan di tengah musim ini.

4. Bayern Munich (Liga Jerman)

Pemain Bayern Munich merayaka gelar juara Liga Jerman usai kalahkan Borussia Dortmund 3-1. (AFP)

Tak ada yang menyangsikan kekuatan Bayern Munich di Liga Jerman, termasuk di musim ini, yang berhasil duduk di puncak klasemen.

Tapi perjuangan Bayern Munich ke puncak klasemen di paruh pertama Liga Jerman 2022/2023 tak terbilang mudah. Pasalnya, Die Roten sempat terseok-seok dan puncak klasemen dikuasai Union Berlin.

Tapi dengan kematangan para pemainnya dan taktik Julian Nagelsmann, Bayern Munich berhasil menduduki puncak klasemen Liga Jerman yang sudah jadi habitatnya.

5. Paris Saint-Germain (Liga Prancis)

Lionel Messi cetak satu gol saat Paris Saint-Germain kalahkan Angers 2-0. (AFP)

Paris Saint-Germain juga dicap sebagai klub terbaik di Liga Prancis. Di musim ini saja, PSG mampu merajai puncak klasemen di paruh pertama musim 2022/2023.

Hal ini terbilang wajar mengingat PSG dibela oleh pemain-pemain bintang, salah satunya Lionel Messi yang telah nyetel dengan gaya bermain di Prancis.

Tapi posisi PSG di puncak musim ini belumlah aman. Sebab, Les Parisiens hanya terpaut tiga poin dari RC Lens di posisi kedua dan terpaut lima poin dari Olympique Marseille yang merupakan rival abadinya.

Load More