Galih Prasetyo
Pemain timnas Hongkong U-23 Lilly Nunez Vasudeva Das (kiri) memprotes keputusan wasit karena merasa ada pemain Indonesia yang menyikut dia pada penyisihan Grup A cabang Sepak Bola Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Patriot Bekasi Jawa Barat,Senin (20/8/2018). (ANTARA FOTO/INASGOC/Charlie)

Bolatimes.com - Hongkong menjadi tim yang kembali hadir di putaran final Piala Asia 2023. Hongkong terakhir bermain di Piala Asia 55 tahun silam pada edisi 1968.

Kehadiran Hongkong di Piala Asia 2023 tidak lepas dari peran sejumlah pemain naturalisasi yang memperkuat tim berjuluk The Strength.

Ya, dalam beberapa tahun terakhir, timnas Hongkong sama seperti Timnas Indonesia yang tergantung dengan pemain naturalisasi.

Baca Juga:
7 Pemain Naturalisasi yang Bisa Diandalkan Shin Tae-yong Bertarung di Piala Asia 2023

Dikutip dari Transfermarkt, selama babak kualifikasi Piala Asia 2023, Hongkong banyak diperkuat pemain naturalisasi, dari sektor kiper hingga pemain depan.

Hongkong yang saata ini dilatih oleh pelatih asal Norwegia, Jörn Andersen memang sangat mengandalkan pemain naturalisasi di setiap pertandingan yang dilakoni.

Dari sektor belakang ada kiper kelahiran Brasil, Paulo César yang jadi andalan Andersen. Di barisan bek ada pemain bernama Van Nunez. Ia memang lahir di Hongkong namun ayahnya seorang warga negara Inggris sedangkan ibunya orang Meksiko.

Baca Juga:
Jika 8 Pemain Naturalisasi Gabung, Inilah Penggawa Timnas Indonesia Sekarang yang Bisa Tersingkir

Tidak hanya Nunez yang jadi bek naturalisasi di Hongkong, ada juga bek lainnya yakni Tomas Maronesi yang merupakan pemain kelahiran Brasil.

Di sektor tengah, Hongkong punya dua pemain naturalisasi yakni gelandang bertahan Diego Eli yang kelahiran Brasil serta pemain muda asal Jepang, Sohgo Ichikawa.

Sedangkan di sektor lini depan, setidaknya ada tiga pemain naturalisasi yang dimiliki Hongkong yakni Jahangir Khan, pemain kelahiran Pakistan. Lalu ada winger asal Brasil, Fernando dan striker berdarah Selandaia Baru, Matt Orr.

Baca Juga:
5 Pemain Naturalisasi Datang, Ini Penggawa Timnas Indonesia yang Diprediksi Tersingkir dari Skuat Piala Asia 2023

Dari para pemain naturalisasi di semua lini ini, Matt Orr yang paling menjadi andalan bagi pelatih Andersen. Pemain berusia 26 tahun ini telah mencetak 2 gol dari 7 laga Hongkong di 2022.

Matt Orr pada laga kualifikasi Piala Asia 2023 grup D menjadi pahlawan dengan mencetak satu dari dua gol kemenangan atas Afganistan.

Baca Juga:
6 Pemain Andalan Timnas Indonesia Ini bakal Jadi Korban Pemain Naturalisasi yang Didatangkan saat Piala Asia 2023

Load More