Rauhanda Riyantama
David De Gea lakukan blunder saat Manchester United kalahkan Everton 3-1 di Piala FA. (Dok. Sportbible)

Bolatimes.com - Melihat momen blunder konyol yang dilakukan David De Gea di laga Piala FA 2022/2023 antara Manchester United vs Everton, Sabtu (7/1).

Manchester United kembali melanjutkan kiprahnya di kancah domestik dengan melakoni putaran ketiga Piala FA 2022/23 dengan melawan Everton.

Menghadapi rivalnya di markasnya sendiri, Old Trafford, Man United berhasil mengandaskan perlawanan Everton dengan skor 3-1.

Baca Juga:
Absen Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Nasib Elkan Baggott Gagal Kawal Jamie Vardy

Kemenangan Man United sendiri sudah terlihat sejak menit awal kala pemain sayapnya, Antony, berhasil mencetak gol cepat di menit ke-4 memanfaatkan umpan silang datang Marcus Rashford.

Namun keunggulan ini tak bertahan lama. Everton berhasil mencetak gol penyama kedudukan lewat bek tengahnya, Conor Coady di menit ke-14.

Gol ini sendiri didapatkan dengan proses yang tak begitu ciamik. Malahan gol ini bisa dikatakan ‘hadiah’ dari Man United sendiri.

Baca Juga:
2 Pemain Timnas Indonesia yang Layak Jadi Starter saat Hadapi Vietnam di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022

Sebab, gol ini hadir lewat blunder konyol kiper utama Man United, David De Gea, yang tak sigap dalam menghalau bola yang mengarah kepadanya.

Dalam gol itu, semula Neal Maupay melepaskan umpan silang datang yang terlalu dekat ke arah kiper asal Spanyol tersebut.

Bola yang dilepaskan Maupay itu sejatinya tak sulit dikontrol. Namun konyolnya, De Gea yang berdiri di tiang gawang justru gagal mengontrol bola, sehingga bola pun melewati kolong kakinya.

Baca Juga:
3 Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2022, Main Imbang Sudah Cukup

Tak ayal bola yang melewati kakinya itu kemudian disambar oleh Conor Coady dengan mudah sehingga kedudukan pun menjadi 1-1.

Beruntung bagi Man United, kedudukan yang sama kuat ini kemudian berubah di babak kedua usai Conor Coady membuat gol bunuh diri di menit ke-52.

Baca Juga:
5 Pemain Keturunan yang Tolak Panggilan Timnas Indonesia, Salah Satunya Kini Main di Liga Inggris

Lalu menjelang laga bubaran, Man United mendapatkan hadiah penalti dari wasit yang kemudian dieksekusi Marcus Rashford dengan baik.

Alhasil, Manchester United pun bisa meraih kemenangan 3-1 dan berhak melaju ke babak selanjutnya Piala FA 2022/2023.

Namun kemenangan ini tetap saja tak bisa menutupi blunder konyol De Gea yang kemudian membuat beberapa pihak memberikan komentar bernada sindiran.

Salah satunya adalah legenda Manchester United, Roy Keane. Ia menyebut bahwa kiper berusia 32 tahun itu tengah mabuk.

“Itu kesalahan yang mengejutkan dari seorang kiper internasional. Itu terlihat ia (De Gea) seperti tengah mabuk,” sindir Roy Keane dikutip dari Eurosport.

Meski baru melakukan blunder konyol, nasib De Gea di Old Trafford akan sepenuhnya aman. Sebab, dirinya dilaporkan akan mendapat perpanjangan kontrak.

Kontrak De Gea sendiri akan habis pada Juni 2023 nanti. Tapi Manchester United memiliki opsi memperpanjang kontraknya untuk satu tahun ke depan dan berencana memberikan kontrak jangka panjang kepadanya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More