Rauhanda Riyantama
Selebrasi Youssef En-Nesyri usai cetak gol saat Maroko kalahkan Portugal 1-0 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Kesuksesan Timnas Maroko mencapai semifinal Piala Dunia 2022 menjadi sejarah yang bakal diperbincangkan para penggemar sepak bola di masa mendatang, meskipun sebelum itu 4 negara lain sudah lebih dulu melakukannya.

Di Piala Dunia 2022, Maroko sukses melaju hingga babak semifinal sekaligus menjadi kali pertama negara ini masuk hingga babak tersebut.

Menariknya, kesuksesan Maroko mencapai semifinal Piala Dunia 2022 tak lepas dari performa mengerikan yang ditunjukkan tim asuhan Walid Regragui.

Baca Juga:
Klub Liga 1 Punya Peluang Lawan Cristiano Ronaldo dan Al Nassr di Liga Champions Asia, Begini Caranya

Sederet tim top Eropa digilas, mulai dari Jerman, Spanyol hingga Portugal tunduk di hadapan Sofyan Amrabat dkk di Piala Dunia 2022 Qatar.

Torehan Maroko ini mengejutkan, termasuk dalam catatan sejarah yang mungkin tak semua tim bisa menorehkannya, kecuali 4 tim berikut ini.

1. Bulgaria

Baca Juga:
Absen Lawan Filipina, Jordi Amat Serukan Siap Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022

Piala Dunia 1984 menjadi sejarah tersendiri bagi Bulgaria di ajang akbar sepak bola empat tahunan dunia ini, lolos ke semifinal jadi torehan terbaik mereka.

Perjalanan Bulgaria menuju semifinal Piala Dunai 1984 bukan hal mudah, mulai dari mengalahkan Meksiko di 16 besar, kemudian Jerman di perempat final.

Sebelum tumbang dari Italia dengan skor 1-2 di babak semifinal, meski begitu catatan itu sangat bersejarah bagi negara ini.

Baca Juga:
Sah Jadi Pesepak Bola dengan Bayaran Termahal, Harta Cristiano Ronaldo Masih Kalah dengan Pemain Ini

2. Kroasia

Kroasia kali pertama lolos ke semifinal pada Piala Dunia 1998, diawali dengan mengalahkan Rumania pada babak 16 besar.

Kemudian menggasak Jerman di perempat final dengan skor 3-0, sebelum tumbang dari Prancis di semifinal dengan skor 1-2.

Baca Juga:
Theerathon Bunmathan Blak-blakan dengan Strategi Thailand di Semifinal Piala AFF 2022

3. Turki

Kesuksesan Turki di Piala Dunia 2002 tak hanya tembus babak semifinal, tetapi juga memastikan tempat ketiga di ajang tersebut.

Menyingkirkan salah satu tuan rumah lebih dulu, yakni Jepang di babak 16 besar dengan skor 1-0, lalu Senegal dengan skor yang sama.

Sebelum takluk dari Brasil juga dengan skor yang sama 0-1, hasil itu membuat Turki menjadi sorotan banyak pihak di dunia sepak bola Eropa

4. Korea Selatan

Sama dengan Turki, Korea Selatan juga lolos ke semifinal Piala Dunia 2002 meski sempat diwarnai beberapa kejadian kontroversial sepanjang turnamen.

Korea Selatan merupakan salah satu tuan rumah ajang ini di tahun 2002, diawali mengalahkan Italia pada babak 16 besar dengan skor 2-1, kemudian mendepak Spanyol lewat adu penalti di perempat final.

Sebelum tumbang dari Jerman di semifinal dengan skor tipis, 0-1 dan berjumpa Turki di perebutan tempat ketiga.

Kontributor: Eko
Load More