Rauhanda Riyantama
Penyerang Argentina, Lionel Messi, mengangkat Trofi Piala Dunia 2022 bersama pendukung usai mengalahkan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Setelah Piala Dunia 2022 usai, kini seluruh pecinta sepak bola di seluruh jagat raya akan menantikan edisi 2026. Di manakah ajang ini akan digelar?

Pesta sepak bola terakbar di tahun ini, yakni Piala Dunia 2022, baru saja berakhir dengan Argentina keluar sebagai pemenangnya.

Argentina berhasil keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Prancis di partai final lewat drama adu penalti, Minggu (18/12).

Baca Juga:
5 Bintang yang Absen di Piala AFF 2022, Dua dari Indonesia

Gelar juara yang diraih Argentina ini menjadi gelar ketiga sepanjang sejarahnya dan menjadi gelar pertama tim berjuluk La Albiceleste itu sejak 1986 silam.

Berakhirnya gelaran Piala Dunia 2022 pun menandai akan bergulirnya Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung empat tahun lagi.

FIFA pun telah menunjuk tiga negara untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Ketiga negara itu adalah Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Baca Juga:
Fisik Digembleng hingga Berat Badan Turun Lima Kilo, Spasojevic Optimistis Bawa Indonesia Juara Piala AFF

Selain telah menunjuk tuan rumah penyelenggaraan, FIFA selaku penyelenggara juga akan menerapkan beberapa perubahan, terutama soal jumlah tim dan format yang digunakan.

Apa saja perubahan yang terjadi pada Piala Dunia 2026 di tiga negara tersebut?

Tambahan Peserta dan Format Turnamen

Baca Juga:
Alasan Dua Pemain Keturunan Indonesia Batal Bela Timnas Singapura di Piala AFF 2022

Di Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko itu, FIFA menambah kuota peserta dari sebelumnya 36 peserta menjadi 48 peserta.

Penambahan ini membuat jatah beberapa zona pun ikut bertambah, dengan rincian Eropa punya 16 wakil, Afrika dengan 9 wakil, Asia dengan 8 wakil, dan Amerika Tengah serta Utara dengan 6 wakil, Amerika Selatan dengan 6 wakil, dan Oseania dengan satu wakil.

Total negara yang lolos otomatis dari setiap zona akan berjumlah 46 negara. Lalu dua tiket tersisa akan diperebutkan lewat babak Playoff antarkonfederasi.

Baca Juga:
Ranking FIFA Terbaru Jelang Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Naik 1 Peringkat

Dengan penambahan peserta dari 36 menjadi 48 peserta, FIFA pun melakukan perubahan format turnamen di Piala Dunia 2026.

Belakangan, baru muncul dua format yang diajukan FIFA, yakni adanya 16 grup yang berisikan tiga tim dan 12 grup berisikan empat tim.

Dalam format 16 grup yang berisikan tiga tim, FIFA berencana menjadikan para juara grup atau peringkat pertama grup sebagai tim yang lolos ke babak 16 besar.

Lalu dalam format 12 grup yang berisikan empat tim, setiap juara grup akan lolos otomatis dan empat tiket tersisa akan diperebutkan oleh Runner Up grup terbaik.

Kemungkinan format 16 grup yang berisikan tiga tim akan digunakan oleh FIFA, mengingat di Piala Dunia 2026 ini ada 16 kota yang akan menjadi tuan rumah yang tersebar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More