Irwan Febri Rialdi
Pemain Argentina Enzo Fernandez saat merayakan gol ke gawang Meksiko di Piala Dunia 2022. (AFP/Odd Andersen)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 Qatar berakhir, namun bukan akhir dari para pemain muda yang tampil gemilang untuk negaranya hingga diprediksi bakal mengguncang jagat bursa transfer.

Seperti biasanya, Piala Dunia selalu menghadirkan deretan pemain muda berkualitas yang dinilai pantas menyandang Best Young Player.

Gelar pemain terbaik Piala Dunia diberikan bagi mereka yang tampil di ajang empat tahunan ini dengan usia di bawah dan maksimal 21 tahun.

Banyak kejutan yang hadir mengingat sederet nama yang terpilih sebagai pemain terbaik di ajang ini tidak bisa diprediksi.

Lantas siapa yang pemain yang pernah menyandang gelar tersebut? berikut lima pemilik gelar Best Young Player di Piala Dunia.

1. Enzo Fernandez (2022)

Pemain Argentina Enzo Fernandez saat merayakan gol ke gawang Meksiko di Piala Dunia 2022. (AFP/Odd Andersen)

Gelandang Benfica asal Argentina yang baru saja membawa negaranya meraih gelar Piala Dunia 2022, Enzo Fernandez terpilih sebagai pemain muda terbaik.

Selama Piala Dunia 2022, pemain kelahiran San Martin ini mencetak 1 gol dan 1 assist namun kualitasnya sebagai pencari celah sangat efektif memberi peluang Lionel Messi Cs mencetak gol.

2. Kylian Mbappe (2018)

Momen Kylian Mbappe cetak gol ke gawang Argentina di final Piala Dunia 2022. (AFP)

Piaa Dunia 2018 Rusia bisa jadi milik Kylian Mbappe, selain membawa Prancis meraih gelar juara juga meraih gelar pemain muda terbaik.

Bahkan saat usianya masih 19 tahun ketika itu, Mbappe berhasil mencetak sejarah dengan golnya di partai final melawan Kroasia.

3. Paul Pogba (2014)

Potret Paul Pogba bersama kakaknya Mathias Pogba. (AFP)

Soal talenta, Prancis sepertinya tak kehabisan pemain muda berkualitas, sebelum Mbappe muncul ada seorang pemain andalan bernama Paul Pogba.

Pogba absen di Piala Dunia 2022 karena cedera, namun delapan tahun sebelum itu namanya sempat menyandang pemain muda terbaik Piala Dunia 2014 Brasil.

4. Thomas Mueller (2010)

Striker timnas Jerman Thomas Mueller bereaksi pada pertandingan Grup E Piala Dunia antara Jerman melawan Kosta Rika di Stadion Al Bayt, utara Doha. (1/12/2022) (AFP/INA FASSBENDER)

Di balik bobroknya Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar, lebih dari satu dekade lalu Der Panzer punya sederet pemain muda terbaik, salah satunya Thomas Mueller.

Bahkan saat gagal di Piala Dunia 2010, Mueller keluar sebagai pemain yang berhasil meraih gelar pemain muda terbaik di ajang itu.

5. Lukas Podolski (2006)

Lukas Podolski saat berseragam Arsenal. (AFP)

Sebelum Mueller menyabet gelar pemain muda terbaik, Jerman juga lebih dulu menempatkan Lukas Podolski sebagai pemiliknya di Piala Dunia 2006.

Menariknya gelar tersebut diraih di negaranya sendiri saat Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006, meskipun berakhir dengan pilu.

Kontributor: Eko
Load More