Irwan Febri Rialdi
Kiper Argentina, Emiliano Martinez, berpose dengan penghargaan Sarung Tangan Emas FIFA usai final Piala Dunia Qatar 2022 melawan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 Qatar usai, Argentina keluar sebagai juara lewat adu penalti melawan Prancis, Emiliano Martinez jadi pahlawan La Albiceleste sekaligus menorehkan catatan mentereng pribadi.

Kiper terbaik Piala Dunia 2022 Qatar berhasil disabet Emiliano Martinez, pahlawan Argentina dalam duel adu penalti melawan Prancis di partai final, Minggu (19/12/2022) dinihari WIB.

Emiliano Martinez sukses memblok dua tendangan dari eksekutor Prancis dalam adu tos-tosan, sekaligus memastikan trofi Piala Dunia 2022 Qatar pulang ke Argentina.

Perihal kiper terbaik Piala Dunia, di tahun 1994 gelar ini berubah menjadi Lev Yashin Award, nama ini diambil dari legenda Rusia yang menjadi satu-satunya kiper peraih Ballon d'Or.

Meskipun sejak 2010, gelar ini kembali mengalami perubahan nama menjadi Golden Globe Award dan sederet nama sukses menyandangnya sejak Piala Dunia pertama kali digelar pada 1930.

1. Gianluigi Buffon (2006)

Nomor punggung baru Gianluigi Buffon di Juventus. (Twitter/@Juventusfc)

Saat Italia memangkas jarak gelar milik Brasil di tahun 2006, dengan hanya menyisakan selisih satu gelar saja, Buffon pun berjaya.

Di masa keemasan Buffon, kiper yang lama berkarier di kompetisi domestik Italia ini berhasil menyabet gelar kiper terbaik di Piala Dunia 2006.

Bahkan di usianya yang sudah 43 tahun, Buffon masih bermain di level teratas kompetisi sepak bola Italia saat ini.

2. Iker Casillas (2010)

Kiper Timnas Spanyol, Iker Casillas saat final Piala Dunia 2010 (AFP)

Iker Casillas mencatatkan namanya sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang sejarah sepak bola, termasuk di Piala Dunia.

Gelar kiper terbaik pun disandang Casillas saat Spanyol merengkuh gelar juara Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan.

Meskipun di akhir kariernya, Casillas harus menelan pil pahit dengan sederet kontroversi yang dilakukan klub kesayangannya, Real Madrid.

3. Manuel Neuer (2014)

Manuel Neuer menggunakan ban kapten bermotif pelangi di Timnas Jerman. (PHILIPP GUELLAND / POOL / AFP)

Kiper atraktif dan banyak membantu lini pertahanan, tak segan keluar dari sarangnya demi menjegal pemain lawan dan merebut bola.

Ciri khas Manuel Neuer yang membuatnya sukses merengkuh gelar kiper terbaik Piala Dunia 2014 Brasil, tepat saat Jerman merengkuh gelar juara.

Neuer sukses menjaga gawang Jerman hingga babak tambahan di partai final melawan Argentina dan membuat Lionel Messi terlihat seperti pemain bapuk.

4. Thibaut Courtois (2018)

Penjaga gawang Real Madrid Belgia Thibaut Courtois mengangkat trofi Liga Champions setelah kemenangan Madrid dalam pertandingan sepak bola final Liga Champions UEFA antara Liverpool dan Real Madrid di Stade de France di Saint-Denis, utara Paris, pada 28 Mei 2022. Paul ELLIS/AFP

Meski Belgia tidak merengkuh gelar juara Piala Dunia 2018 Rusia, Thibaut Courtois keluar sebagai kiper terbaik kompetisi tersebut.

Courtois bahkan mengalahkan dua finalis lainnya, Hugo Lloris dan Danijel Subasic di mana kedua kiper ini merupakan pemain di partai final.

Selama gelaran Piala Dunia 2018, Thibaut Courtois mencatat sebanyak 27 penyelamatan. Dia dinilai sebagai salah satu kunci dari kokohnya pertahanan Belgia.

5. Emiliano Martinez (2022)

Emiliano Martinez melakukan selebrasi setelah Argentina lolos ke final Piala Dunia 2022. (Instagram/@emi_martinez26)

Tampil mengesnakan di bawah mistar gawang Argentina dalam adu penalti di final Piala Dunia 2022, Emiliano Martinez menjawab keraguan publik kepadanya.

Dua tendangan eksekutor Prancis berhasil ditepis, meskipun gawangnya kebobolan hattrick Kylian Mbappe di waktu normal.
'
Namun hal itu sudah cukup membawakan trofi Piala Dunia 2022 untuk Lionel Messi, sekaligus pelengkap trofi dalam kariernya.

Kontributor: Eko
Load More