Irwan Febri Rialdi
Momen Kylian Mbappe cetak gol ke gawang Argentina di final Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Prestasi pribadi mentereng dicetak Kylian Mbappe meski gagal membawa Prancis meraih back to back gelar Piala Dunia 2022 Qatar, samai catatan Geoff Hurst.

Kylian Mbappe bersinar meski Prancis gagal meraih gelar juara Piala Dunia 2022 Qatar usai kalah di partai final dari Argentina lewat adu penalti pada Senin (19/12/2022) dinihari WIB.

Torehan manis di level mampu dicatatkan Kylian Mbappe di Piala Dunia 2022 Qatar saat usianya masih 23 tahun, tak mengherankan mengingat statusnya sebagai mesin gol.

Laga final Piala Dunia 2022 Qatar berakhir imbang 3-3 hingga babak tambahan hingga pertandingan berlanjut ke babak adu penalti.

Di balik skor 3-3 itu ada satu nama yang tercatat di papan skor dengan torehan tiga golnya di partai final Piala Dunia edisi 2022.

Dialah Kylian Mbappe, tiga gol Prancis dalam laga tersebut dicetak bintang Paris Saint-Germain (PSG) masing-masing pada menit ke-80 (P), 81' dan 118' (P).

Tambahan tiga gol tersebut membuat Mbappe mengamankan status pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022 Qatar, sekaligus mengalahkan torehan Messi sebagai pesaing terdekat.

Tak sampai di situ, torehan hattrick di final Piala Dunia 2022 juga membuat Mbappe mampu menyamai catatan mentereng legenda timnas Inggris, Geoff Hurst.

Mbappe menjadi pemain kedua setelah Geoff Hurst yang mampu mencetak tiga gol di partai puncak pesta akbar sepak bola dunia.

Catatan ini pertama kali ditorehkan Geoff Hurts saat Inggris berhadapan dengan Jerman pada Piala Dunia edisi 1966 yang saat itu digelar di Negeri Ratu Elizabeth.

Inggris berhasil membekuk Jerman dengan skor 4-1 meski laga harus berlanjut hingga babak tambahan waktu, satu gol Inggris lainnya dicetak Martin Peters.

Menariknya salah satu gol yang dicetak Hurst berbau konspirasi, ada gol 'hantu' yang dicetak sang pemain saat membuat Inggris unggul 3-2 atas Jerman.

Berawal dari umnpan Alan Ball dari sisi kiri pertahanan Jerman, Hurst mengontrol bola sambil berbalik badan meski badannya terjatuh.

Bola hasil sepakam Hurst mengarah ke atas dan menatap mistar gawang sebelum memantul ke tanah, saat itulah bola diduga belum masuk ke gawang dan hanya mengenai garis.

Meskipun Gottfirend Djenst asal Swiss selaku wasit yang memimpin pertandingan memutuskan untuk tetap mengesahkan gol tersebut.

Kontributor: Eko
Load More