Rauhanda Riyantama
Penyerang Argentina, Lionel Messi, mengangkat Trofi Piala Dunia 2022 bersama pendukung usai mengalahkan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Lionel Messi memanen rekor-rekor istimewa pasca membawa negaranya, Argentina, menjadi juara Piala Dunia 2022. Apa saja rekor itu?

Penantian panjang Lionel Messi untuk mengangkat trofi Piala Dunia bagi Argentina terwujud pada edisi 2022 yang berlangsung di Qatar ini.

Setelah gagal di edisi 2014 lalu, pemain berjuluk La Pulga tersebut akhirnya berhasil membawa Argentina meraih trofi Piala Dunia 2022, Minggu (18/12) malam WIB.

Baca Juga:
5 Penyebab Prancis Kalah Lawan Argentina di Final Piala Dunia 2022

Messi dan Argentina berhasil meraih trofi bernama Jules Rimet itu setelah mengalahkan Prancis lewat drama adu penalti.

Sebelum mencapai babak adu penalti, kedua tim memainkan sepak bola menawan dan saling kejar-kejaran angka sepanjang 120 menit.

Argentina sempat unggul 2-0 di babak pertama lewat penalti Lionel Messi dan gol Angel Di Maria. Sayangnya, keunggulan dua gol itu sirna di babak kedua dalam tempo beberapa menit saja.

Baca Juga:
Jadi Venue Piala Dunia U-20 2023, Stadion Manahan Solo Siap Digunakan

Adalah Kylian Mbappe yang berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat penalti dan sepakan setengah volinya dalam tempo satu menit saja.

Kylian Mbappe selebrasi saat cetak gol untuk Prancis. (Odd ANDERSEN / AFP)

Kedudukan 2-2 membuat kedua tim melanjutkan pertandingan ke babak Extra Time. Drama terjadi saat Messi mencetak gol ketiga Argentina di menit ke-108.

Saat kemenangan ada di depan mata Argentina, Prancis kembali mampu menyamakan kedudukan lewat Mbappe yang mencetak Hattrick melalui titik putih di menit ke-118.

Baca Juga:
Statistik Kamboja Jelang Hadapi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Minim Kemenangan

Skor 3-3 pun membuat laga berlanjut ke drama adu penalti. Di momen krusial ini, kiper Argentina, Emiliano Martinez, mampu menepis dua dari empat eksekutor Prancis.

Sedangkan empat penendang Argentina berhasil menuntaskan tugasnya dan membuat La Albiceleste keluar sebagai juara Piala Dunia 2022.

Keberhasilan menjadi juara Piala Dunia 2022 ini menjadi pencapaian terbaik Messi dalam kariernya. Apalagi, keberhasilan ini dibarengi rekor-rekor istimewa yang dipecahkannya.

Baca Juga:
Kisah Emi Martinez, Kiper Timnas Argentina yang Dulu Tak Mampu Bayar Kontrakan

Apa saja rekor-rekor istimewa yang dimaksud?

1. Perain 2 Golden Ball Piala Dunia

Keberhasilan mengantarkan Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 membuat Messi meraih trofi pemain terbaik turnamen atau Golden Ball.

Trofi ini menjadi trofi keduanya setelah mendapatkannya pada 2014. Sejak penghargaan ini diperkenalkan pada 1984, hanya Messi saja yang bisa meraih penghargaan itu dua kali.

2. Top Skor Argentina di Piala Dunia

Berkat dua golnya di final Piala Dunia 2022 kontra Prancis, Messi total menorehkan tujuh gol di turnamen ini, atau 13 gol dalam lima edisi yang diikutinya.

Torehan 13 gol itu membuatnya menjadi top skor Argentina di Piala Dunia, melewati Gabriel Batistuta dengan sumbangan 10 gol.

Penyerang Argentina, Lionel Messi, mengangkat Trofi Piala Dunia 2022 bersama pendukung usai mengalahkan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP)

3. Pemain Termuda dan Tertua Argentina yang Cetak Gol di Piala Dunia

Golnya di final Piala Dunia 2022 dibuat Messi saat usianya 35 tahun 168 hari. Hal itu menjadikan dirinya pencetak gol tertua bagi Argentina di sepanjang sejarah ajang ini.

Uniknya, Messi juga memegang rekor pencetak gol termuda Piala Dunia bagi Argentina saat debutnya di Piala Dunia 2006 di mana ia mencetak gol ke gawang Serbia & Montenegro pada usia 18 tahun 357 hari.

4. Menit Bermain Terbanyak di Piala Dunia

Karena tampil selama 120 menit di final Piala Dunia 2022, Messi total mencatatkan 2315 menit selama bermain di lima edisi Piala Dunia.

Torehan itu membuat Messi melewati rekor Paolo Maldini yang mencatatkan menit bermain terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia dengan 2217 menit.

5. Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Karena tampil di final Piala Dunia 2022 sebagai starter, Messi juga menjadi pemain dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah ajang ini dengan 26 penampilan.

Catatan itu melewati catatan yang dimiliki legenda Jerman, Lothar Matthaus, yang tampil sebanyak 25 kali dari lima edisi Piala Dunia.

Pemain depan Argentina, Lionel Messi, melihat trofi Piala Dunia saat memegang penghargaan Bola Emas setelah mengalahkan Prancis pada laga di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

6. Rekor Gol di Setiap Babak Piala Dunia

Piala Dunia 2022 terasa spesial bagi Messi karena ia mampu memecahkan rekor yang sulit dipecahkan pemain lainnya, yakni rekor mencetak gol di setiap babak.

Di Piala Dunia 2022 ini, Messi mencetak 7 golnya di setiap babak, yakni fase grup, babak 16 besar, babak perempat final, babak semifinal, dan babak final.

7. Kemenangan Terbanyak Piala Dunia

Berkat kemenangan atas Prancis, Messi menjadi pemain dengan jumlah kemenangan terbanyak di Piala Dunia, yakni 17 kemenangan.

Catatan itu melewati catatan Miroslav Klose yang mencetak 16 kemenangan saja dalam kariernya di Piala Dunia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More