Irwan Febri Rialdi
Emiliano Martinez melakukan selebrasi setelah Argentina lolos ke final Piala Dunia 2022. (Instagram/@emi_martinez26)

Bolatimes.com - Keberhasilan Timnas Argentina meraih gelar juara Piala Dunia 2022 tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi semua pemainnya, termasuk Emiliano Martinez sang penjaga gawang.

Sebab, Emiliano Martinez juga memiliki andil besar di balik keberhasilan Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022. 

Dia adalah salah satu sosok pahlawan, terutama ketika Argentina harus menumbangkan Prancis pada babak adu penalti. 

Pasalnya, pada partai final, Emiliano Martinez sukses menepis dua tendangan pemain Prancis, Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni untuk membawa timnya menang dengan skor 4-2.

Dengan performa impresif yang dicatatkan Emi Martinez di bawah mistar gawang itu, La Albiceleste pun berhasil menjuarai Piala Dunia 2022.

Perjuangan Panjang Emi Martinez

Untuk bisa menapaki level seperti sekarang ini, Emi Martinez memang harus melewati jalan perjuangan yang cukup panjang dan berliku.

Hal ini tak terlepas dari latar belakang Emi Martinez yang berasal dari keluarga miskin. Ia lahir dan dibesarkan di Mar del Plata.

Hidup di bawah garis kemiskinan memang menjadi nasib yang harus dihadapi Emi Martinez saat masih kecil. 

Bahkan, kabarnya ia sering mendengar ayahnya menangis karena tak bisa membayar biaya kontrakan dan tagihan.

Sejak masih kecil, Emi memang sudah memiliki kegemaran bermain sepak bola. Dia pun juga pernah menjadi kiper untuk tim di kampung halamannya.

Dari titik itulah, ia ingin meniti karier menjadi pesepak bola profesional. Kehidupan keras yang kerap mengimpit keluarga miskin pun turut membentuk mental Emi Martinez sebagai pesepak bola.

Setelah melewati berbagai ujian, Martinez akhirnya mendapat kesempatan bermain di CA Independiente pada usia 15 tahun. Awalnya, dia perlahan-lahan masuk ke tim U-20,

Pada tahun 2010, Emi Martinez pun sampai-sampai harus meninggalkan Argentina untuk berkarier di luar negeri. Sebab, ayahnya terlilit utang yang besar.

Dia pun rela berkorban demi bisa membantu keluarganya. Sebagian gaji yang dia terima dari Arsenal pun dikirimkan untuk membantu keluarganya di Argentina.

Sedikit demi sedikit, perlahan demi perlahan, utang yang membelit ayahnya akhirnya lunas. Emi Martinez pun bisa memberikan bantuan untuk keluarga kecilnya di Argentina.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More