Irwan Febri Rialdi | Arief Apriadi
Pemain depan Argentina, Lionel Messi, melihat trofi Piala Dunia saat memegang penghargaan Bola Emas setelah mengalahkan Prancis pada laga di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Bolatimes.com - Perdebatan antara siapa pemain terbaik dunia antara Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo telah berakhir. Messi dipastikan menjadi yang terbaik setelah membawa Argentina juara Piala Dunia 2022.

Sebelum merengkuh trofi paling prestisius dalam sepak bola itu, Lionel Messi kerap dibanding-bandingkan oleh rival abadinya, Cristiano Ronaldo.

Sebelum Piala Dunia 2022, kedua mega bintang itu memiliki karier yang begitu mentereng di level klub. Hampir semua hal baik gelar tim maupun individu mereka dapatkan.

Penyerang Timnas Argentina, Lionel Messi sambil memegang trofi bola emas sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2022, mencium trofi Piala Dunia di Stadion Lusail, Qatar, Senin (19/12/2022) dini hari WIB. [Kirill KUDRYAVTSEV / AFP]

Selain sempat bersaing sengit di Barcelona dan Real Madrid, baik untuk merengkuh trofi domestik maupun Liga Champions, Messi dan Ronaldo juga bersaing dalam perebutan trofi Ballon d'Or.

Messi sejauh ini mengoleksi tujuh trofi bola emas tersebut, sementara Cristiano Ronaldo menyabetnya sebanyak lima kali.

Di luar itu, Messi dan Ronaldo juga punya trofi mayor level internasional yang setara di mana CR7 membawa Portugal merengkuh EURO 2016, sementara La Pulga membawa Argentina menang Copa America 2021.

Kini, perdebatan terkait siapa yang pantas disebut GOAT pun berakhir sebagaimana digaungkan FIFA melalui akun Twitter @FIFAWorldCup, Senin (19/12/2022).

"Perdebatan GOAT selesai. Hadiah utama sekarang menjadi bagian dari koleksinya. Legasinya kini lengkap," tulis FIFA.

"Hari ini, Argentina menjuarai PIala Dunia ketiganya, Lionel Messi, ini [trofi Man of the Match] untukmu."

Pertarungan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022 sempat terlihat akan sengit dan mencapai puncaknya ketika Argentina dan Portugal sama-sama lolos secara meyakinkan ke fase gugur.

Namun, saat Argentina terus melaju dan mencapai babak final, Portugal-nya Ronaldo secara mengejutkan harus tersingkir di perempat final oleh tim kuda hitam Maroko dengan skor tipis 0-1.

Saat itu, Cristiano Ronaldo yang tampil dari bangku cadangan terlihat menangis ketika meninggalkan lapangan pasca pertandingan.

Ekspresi kekecewaan Ronaldo jelas terlihat di mana Piala Dunia 2022 mungkin jadi kesempatan terakhirnya memenangkan trofi paling prestisius mengingat usianya yang kini sudah 37 tahun.

Messi sendiri pada akhirnya tersenyum lebar dan bahkan mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik di Piala Dunia 2022 Qatar usai membantu Argentina mengalahkan juara bertahan Prancis di final.

Dalam pertandingan di Stadion Lusail itu, Argentina vs Prancis berlangsung sangat sengit. Skor sempat sama kuat 3-3 selama 120 menit sebelum La Albiceleste menang 4-2 lewat adu penalti.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More