Husna Rahmayunita
Pemain jebolan Hertha Berlin, Dennis Chung yang dipanggil ke timnas Filipina jelang Piala AFF 2022. (Instagram/dennis.chung_)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Dennis Chung, wonderkid jebolan Hertha Berlin yang dipanggil Timnas Filipina untuk Piala AFF 2022.

Timnas Filipina menjadi salah satu tim yang telah mempersiapkan dirinya guna melakoni event sepak bola terakbar di Asia Tenggara, Piala AFF 2022.

Persiapan matang yang ditunjukkan tim berjuluk The Azkals ini terlihat sejak penunjukkan Josep Ferre Ybarz sebagai pelatihnya.

Selain merekrut pelatih baru, Filipina juga memanggil deretan pemain yang dianggap bisa mengangkat derajat The Azkals di ajang ini.

Tak tanggung-tanggung, para pemain yang dipanggil didominasi oleh para pemain keturunan yang punya pengalaman berkarier di luar negeri.

Salah satunya adalah Dennis Chung. Pemain berusia 21 tahun ini menjadi nama baru yang dibawa Filipina untuk Piala AFF 2022.

Hadirnya Dennis Chung pun kian menambah kualitas skuad Filipina yang telah berisikan para pemain keturunan yang punya pengalaman di luar Asia.

“Diundang ke TC bersama tim senior sudah merupakan pencapaian besar. Masuk ke skuad itu adalah hadiah untuk semua kerja keras yang saya lakukan,” ujar Dennis Chung dikutip dari Philstar.com.

Lantas, siapakah sosok Dennis Chung tersebut? berikut ulasannya

Profil Dennis Chung

Dennis Chung merupakan bek kanan andalan ADT dan juga Timnas Filipina yang lahir pada 24 Januari 2001 atau 21 tahun silam di Berlin, Jerman.

Dilihat dari garis keturunannya, darah Filipina mengalir dari sang ibu, sehingga ia bisa membela The Azkals di level internasional.

Selain bisa membela Filipina, Dennis Chung juga bisa membela China, negara asal sang Ayah, maupun Jerman yang merupakan tanah kelahirannya.

Awal karier Dennis Chung di sepak bola bermula di Jerman kala ia bermain bagi tim lokal sebelum akhirnya bergabung Hertha Berlin pada 2016.

Usai menimba ilmu bersama akademi Hertha Berlin, Dennis Chung bergabung tim kasta kelima yakni Hertha 03 atau Hertha Zehlendorf U-19.

Keputusannya melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat kemudian membawa karier sepak bola Dennis Chung ke Harcum Bears, sebuah klub kampus di Pennsylvania.

Usai bermain di Amerika Serikat, Dennis Chung memilih kembali ke kampung halaman sang ibu dengan bergabung tim papan atas, ADT, pada 2021.

Sejak saat itu, Dennis Chung bertahan di Filipina dan melanjutkan karier sepak bolanya di tanah leluhur sang ibunda.

Karena pengalamannya dan kiprahnya yang mumpuni di usia muda, Dennis Chung mendapat pemanggilan ke Timnas Filipina kelompok umur pada 2019 lalu.

Saat itu, Dennis Chung masuk daftar skuad untuk SEA Games 2019. Di laga debutnya, ia berhasil mencetak gol yang membuat Filipina bermain imbang 1-1 dengan Kamboja.

Pemanggilan ini berlanjut ke ajang-ajang lainnya seperti Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Piala AFF U-23 2022, dan juga SEA Games 2021 di Vietnam.

Kini, Dennis Chung punya kesempatan besar melakoni debutnya bersama Timnas Filipina senior setelah dimasukkan dalam skuad untuk melakoni Piala AFF 2022 mendatang.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More