Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps nampak bahagia usai mengantar timnya mengalahkan Jerman di Euro 2020. (FRANCK FIFE / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, menjadi salah satu nama juru racik yang sukses menciptakan sejarah baru pada Piala Dunia 2022.

Pasalnya, keberhasilan Didier Deschamps mengantarkan Timnas Prancis menumbangkan Maroko pada partai final Piala Dunia 2022 turut menghasilkan rekor baru secara pribadi.

Sebab, Didier Deschamps kini menjadi pelatih keempat yang berhasil mengantarkan anak asuhnya melaju ke final Piala Dunia 2022 secara beruntun.

Baca Juga:
BREAKING NEWS! Egy Maulana Vikri Resmi Dilepas Oleh FC ViOn Zlate Moravce

Sebelum edisi tahun ini, sebelumnya ia sudah sempat meraih pencapaian serupa ketika membawa Les Bleus melaju ke final Piala Dunia 2018.

Saat itu, Prancis juga berhasil meraih gelar juara setelah menumbangkan Kroasia pada partai final Piala Dunia 2018. 

Dengan keberhasilan ini, Didier Deschamps sukses mengikuti jejak tiga pelatih sebelumnya yang sudah terlebih dahulu mencatatkan pencapaian serupa.

Baca Juga:
PSSI Belum Rilis Tiket Laga Kandang Piala AFF 2022, Iwan Bule Beri Alasan

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar pelatih yang sukses membawa timnya lolos ke final Piala Dunia 2022 secara beruntun.

1. Vittorio Pozzo (Italia)

Mantan pelatih Timnas Italia, Vittorio Pozzo. (Twitter)

Vittorio Pozzo menjadi pelatih pertama dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia yang sukses membawa timnya lolos ke dua final secara beruntun.

Baca Juga:
Media Inggris Sebut Elkan Baggott Buat Keputusan Mengejutkan, Tolak Main di Piala AFF 2022

Momen bersejarah itu dicatatkan Vittorio Pozzo setelah mengantarkan Timnas Italia lolos ke partai final edisi 1934 dan 1938. Pada dua ajang yang berbeda edisi itu pula, Gli Azzuri sukses menyabet gelar juara secara beruntun, yakni saat menumbangkan Cekoslovakia pada edisi 1934 (2-1) dan Hongaria (4-2) pada 1938.

2. Carlos Bilardo (Argentina)

Mantan pelatih Timnas Argentina, Carlos Bilardo. (Twitter)

Setelah pencapaian istimewa yang dicatatkan oleh Vittorio Pozzo, pelatih berikutnya yang sukses menciptakan sejarah serupa ialah Carlos Bilardo.

Baca Juga:
Cedera Karim Benzema Disebut hanya Sementara dan Bisa Bela Prancis di Final?, Didier Deschamps Jawab Begini

Bersama Timnas Argentina, Carlos Bilardo sukses mempersembahkan dua kali pencapaian final Piala Dunia secara beruntun, yakni pada edisi 1986 dan 1990.

Namun, dari dua kali penampilan di partai final ini, hanya satu yang sukses diakhiri sebagai juara, yakni pada edisi 1986 ketika mereka menumbangkan Jerman Barat dengan skor 3-2.

Sedangkan pada edisi 1990, mereka justru kalah dari lawan serupa. Ketika itu, duel berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Jerman Barat

3. Franz Beckenbauer (Jerman)

Franz Beckenbauer saat menjabat sebagai presiden Bayern Munich. (AFP)

Pelatih ketiga yang berhasil membawa timnya melaju ke partai final Piala Dunia sebanyak dua kali beruntun ialah Franz Beckenbauer.

Uniknya, pencapaian Franz Beckenbauer dicatatkan bersamaan dengan nama yang disebutkan sebelumnya, yakni Carlos Bilardo bersama Argentina.

Artinya, Beckenbauer berhasil meraih satu gelar dari dua partai final beruntun ini, yakni pada edisi 1990 saat Jerman Barat menang tipis 1-0 atas Argentina.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More