Irwan Febri Rialdi
Timnas Belarus berpose sebelum pertandingan melawan Rumania pada Kualifikasi Euro 2012 di National Arena Stadium, Bucharest, 7 Oktober 2011. (AFP/Daniel Mihailescu)

Bolatimes.com - Timnas Belarus bakal menjadi salah satu anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) seiring keputusan komite olahraga negara ini yang ingin masuk menjadi bagian Asia.

Kabar timnas Belarus bergabung AFC tak lepas dari negosiasi yang tengah berlangsung antara Rusia dan Belarus dengan komite olahraga internasional.

Thomas Bach selaku Presiden Komite Olimpiade Internasional diklaim sudah menerima rencana tersebut dari Olympic Council of Asia di KTT Olimpiade ke-11 di Lausanne, Swiss.

Rencana tersebut merinci inisiatif untuk mengizinkan atlet dari Rusia dan sekutunya Belarusia untuk mengikuti kompetisi di Asia.

Setelah lebih dari sembilan bulan isolasi dari sebagian besar olahraga Olimpiade menyusul invasi Ukraina dan perang yang sedang berlangsung di sana.

"Pernyataan itu tidak secara langsung membahas apakah Rusia dan Belarusia dapat mengirim tim ke Olimpiade 2024 di Paris," bunyi laporan AP.

"Namun perpindahan dari Eropa ke Asia menawarkan cara potensial bagi atlet Rusia untuk berkompetisi di ajang kontinental yang berfungsi sebagai kualifikasi Olimpiade.

"Kualifikasi di beberapa olahraga sudah berlangsung." imbuh mereka.

Menarik dinantikan bagaimana salah kekuatan besar Eropa, khususnya dalam dunia sepak bola bergabung dengan Asia.

Seperti yang diketahui sepak bola Asia kebanyakan didominasi negara-negara Arab, termasuk Arab Saudi, Iran, Qatar dan lainnya.

Sementara beberapa kekuatan lainnya seperti Jepang, Korea Selatan dan Australia yang notabene langganan Piala Dunia.

Khusus bagi Belarus, prestasi tertinggi negara ini adalah menempati ranking FFIA ke-97 dan termasuk anggota UEFA Nations League.

Terlepas dari persaingan yang ada nantinya, Belarus dan Rusia tentu akan meramaikan dunia sepak bola Asia jika benar-benar bergabung AFC.

Profil Timnas Belarus

Nama: Belarus
Jumlah skuad: 22
Julukan: White Wings
Pemain di Luar Negeri: 8  (36,4 %)
Konfederation: UEFA
Ranking dunia FIFA: Pos 97
Stadion Utama: Dinamo Stadium, Minsk

Daftar Pemain Timnas Belarus

Kiper

Maksim Plotnikov
Syarhey Ignatovich
Andrey Kudravets

Bertahan

Denis Polyakov
Sergey Politevich
Kiryl Pyachenin
Gleb Shevchenko
Alyaksandr Sachywka
Maksim Shvyatsow
Danila Nechayev
Zakhar Volkov

Gelandang

Vladislav Klimovich
Yevgeny Yablonsky
Max Ebong
Ivan Bakhar
Nikita Korzun
Valery Gromyko
Vladislav Malkevich
Valery Bocherov
Denis Grechikho
Kirill Kaplenko

Depan

Uladzimir Khvashchynski
Yegor

Pelatih

Georgi Kondratiev

Kontributor: Eko
Load More