Irwan Febri Rialdi
Selebrasi striker Timnas Taiwan, Chen Jui-chieh, usai menjebol gawang Thailand. (Dok. FAT)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Chen Jui-chieh, gelandang milik Timnas Taiwan yang berhasil mencetak gol penentu kemenangan di laga uji coba kontra Thailand.

Menjelang bergulirnya Piala AFF 2022, sederet kontestan menjalani laga uji coba untuk mematangkan persiapan di event dua tahunan tersebut.

Salah satunya adalah sang juara bertahan, Thailand, yang melanjutkan uji cobanya jelang ajang ini dengan menghadapi Taiwan, Rabu (14/12).

Setelah sebelumnya berhasil menang besar atas kontestan Piala AFF 2022 lainnya, Myanmar, dalam sebuah laga uji coba, Thailand justru harus menelan kekalahan di laga uji coba keduanya kontra Taiwan.

Bertanding di Thammasat Stadium alias markasnya sendiri, Thailand harus menelan kekalahan tipis 0-1 dari Taiwan dalam uji coba jelang Piala AFF 2022.

Adapun satu-satunya gol yang tercipta di laga uji coba ini dicetak oleh Chen Jui-chieh di menit ke-72 lewat serangan balik cepat.

Gol tunggal dari Chen Jui-chieh ini cukup untuk memberikan kekalahan bagi anak asuh Alexandre Polking yang berniat mempertahankan gelarnya di Piala AFF 2022.

Terlepas dari kondisi Thailand yang tumbang kontra Taiwan, nama Chen Jui-cheh selaku pencetak gol kemudian menjadi perbincangan.

Lantas, siapakah sosok Chen Jui-cheh tersebut? Berikut profilnya.

Profil Chen Jui-cheh, Gelandang Andalan Taiwan

Chen Jui-cheh merupakan gelandang andalan Timnas Taiwan dan juga andalan Tainan City yang lahir pada 15 Juli 1995 atau 27 tahun silam.

Tak banyak informasi mengenai sosok pemain satu ini. Hanya saja, diketahui ia merupakan jebolan dari University of Taipei.

Dari level sepak bola kampus tersebut, Chen Jui-cheh kemudian menjajaki kancah profesional, di mana ia bergabung tim Tatung FC atau kini dikenal dengan nama Leopard Cat FC pada 2016.

Pemain yang juga bisa bermain sebagai penyerang ini kemudian bermain bagi Tatung FC selama lima tahun atau hingga 2021 kemarin.

Selama lima tahun membela Tatung FC, Chen Jui-cheh mampu membawa timnya menjuarai kasta teratas Taiwan, yakni Taiwan Football Premier League sebanyak tiga kali atau Three-peat.

Hattrick gelar di kancah Liga Taiwan itu didapatkannya bersama Tatung FC masing-masing pada tahun 2017, 2018, dan 2019.

Seakan menjadi magnet gelar, Chen Jui-cheh juga tetap berhasil meraih gelar tertinggi di negaranya tersebut saat berganti klub.

Pada 2021, Chen Jui-cheh bergabung ke rival yakni Tainan City Taiwan Steel dengan bebas transfer dan berhasil meraih dua gelar di tahun 2021 dan 2022 ini.

Jika ditotal, maka Chen Jui-cheh terus berhasil menjuarai Liga Taiwan selama lima tahun berturut-turut, yakni dari 2017 hingga 2022.

Catatannya bersama Tainan City pun tak kalah mentereng. Dalam 37 pertandingan, Chen Jui-cheh mampu mencetak 14 gol dan 5 assist.

Penampilan apiknya di kancah liga pun membuat Taiwan memanggilnya ke tim nasional pada 2019 lalu. Tercatat, 11 penampilan telah dibuatnya bersama timnas negaranya.

Debutnya datang di laga uji coba kontra Myanmar yang berkesudahan imbang 0-0. Sedangkan gol pertamanya bagi Timnas Taiwan baru tiba di tahun 2022 ini, yakni ke gawang juara Piala AFF 2020, Thailand.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More