Rauhanda Riyantama
Riko Simanjuntak dalam posisi onside. (Screenshot/vidio.com)

Bolatimes.com - Setidaknya ada dua kontroversi dari keputusan wasit tercipta di lanjutan Liga 1 2022/2023 antara PSIS Semarang vs Persija Jakarta.

Liga 1 2022/2023 kembali bergulir dan mempertemukan PSIS Semarang dan Persija Jakarta di pekan ke-14, Selasa (13/12) malam WIB.

Dalam duel di Stadion Maguwoharjo tersebut, tim ibu kota harus menelan kekalahan 0-2 dari Laskar Mahesa Jenar lewat gol Riyan Ardiansyah dan gol bunuh diri Hamra Hehanusa.

Baca Juga:
Timnas Argentina Sudah Enam Kali Tampil di Final Piala Dunia, Dua di Antaranya Juara

PSIS mampu mencetak gol pertamanya di laga ini lewat Riyan Ardiansyah di menit ke-20 memanfaatkan umpan silang mendatar Carlos Fortes.

Tak butuh waktu lama, PSIS kembali menambah pundi-pundi golnya lewat gol bunuh diri Hamra Hehanusa yang membelokkan bola hasil sepakan Taisei Marukawa.

Kemenangan 2-0 atas Persija ini lantas membuat perlahan merangkak naik di tangga klasemen dan menyamai poin Persebaya Surabaya yang sebelumnya bermain imbang 1-1 melawan Persik Kediri.

Baca Juga:
Sempat Berseloroh akan Berduel, Lawakan Mbappe dan Hakimi Terjawab di Semifinal Piala Dunia 2022

Sedangkan bagi Macan Kemayoran, kekalahan dari PSIS ini kian menjauhkan Persija dari papan atas dan membuat tim besutan Thomas Doll ini tertahan di peringkat ke-5 dengan 25 poin.

Dalam laga ini, wasit kembali menjadi sorotan karena mengeluarkan dua keputusan kontroversi yang berujung kekalahan untuk Persija.

Apa saja keputusan kontroversi dari pengadil di lapangan itu? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Aksi Saddil Ramdani Ledek Ketum PSSI di Dalam Bus Jadi Sorotan, Begini Respons dari Iwan Bule

1. Riko Simanjuntak Dianggap Offside meski Onside

Riko Simanjuntak dalam posisi onside. (Screenshot/vidio.com)

Sebelum gol pertama PSIS tercipta, Persija punya kesempatan mencetak gol lewat Riko Simanjuntak yang sejatinya lolos dari jebakan Offside PSIS.

Namun, bola terobosan dari Tony Sucipto yang mampu dikontrol Riko itu dianggap Offise oleh hakim garis yang bertugas.

Baca Juga:
Respons Mengejutkan Egy Maulana Vikri usai Lionel Messi Antarkan Argentina Lolos ke Final Piala Dunia 2022

Padahal dalam tayangan ulang, saat bola dilepaskan Tony Sucipto, Riko dalam posisi Onside atau di belakang pemain PSIS, sebelum akhirnya lolos dari perangkap Offside yang tak sempurna itu.

2. Gol Offside PSIS Disahkan

Gol offside PSIS Semarang ke gawang Persija Jakarta. (Screenshot/Vidio.com)

Usai kejadian Riko Simanjuntak, hakim garis di sisi lainnya membuat kontroversi dengan mengesahkan gol pertama PSIS yang dicetak Riyan Ardiansyah di menit ke-20.

Dalam prosesnya, Riyan mampu mencetak gol dengan cara menyambar umpan silang mendatar Carlos Fortes dalam skema serangan balik.

Namun terlihat dalam tayangan ulang, saat Fortes melepaskan operan, Riyan berada di depan garis pertahanan terakhir Persija, yakni Ondrej Kudela.

Nahas bagi Persija, hakim garis tak mengangkat bendera sebagai tanda Offside, sehingga gol pun tetap disahkan oleh wasit utama.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More