Husna Rahmayunita
Wasit Cesar Ramos keluarkan kartu kuning di laga Prancis vs Maroko di semifinal Piala Dunia 2022. (FRANCK FIFE / AFP)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Cesar Ramos, wasit di Piala Dunia 2022 yang diprotes kepemimpinannya oleh Maroko kala menghadapi Prancis di babak semifinal.

Intrik dan drama di Piala Dunia 2022 belum berakhir begitu saja. Teranyar, muncul aksi protes dari Timnas Maroko atas kepemimpinan wasit Cesar Ramos.

Cesar Ramos diprotes oleh tim berjuluk Singa Atlas itu kala dirinya memimpin laga semifinal Piala Dunia 2022 antara Prancis vs Maroko, Kamis (15/12).

Dalam duel tersebut, Maroko harus takluk dengan skor 0-2 dari Prancis, sehingga gagal melanjutkan kejutannya ke final Piala Dunia 2022.

Adapun aksi protes dilakukan Maroko terhadap Cesar Ramos karena kepemimpinannya yang dianggap merugikan Singa Atlas.

Kerugian pertama didapatkan saat Sofiani Boufal dilanggar Theo Hernandez di kotak penalti. Alih-alih memberikan penalti, Cesar Ramos justru memberi winger Maroko itu kartu kuning.

Lalu kerugian kedua dirasakan Maroko saat pemain penggantinya, Selim Amallah, dijegal di kotak penalti. Lagi-lagi wasit tak bergeming dan menganggap tak ada kejadian apapun.

Karena dua keputusan ini, federasi sepak bola Maroko atau FMRF melayangkan surat protes atas keputusan-keputusan Cesar Ramos yang merugikan.

Lantas, siapakah sosok Cesar Ramos tersebut? 

Profil Cesar Ramos

Cesar Ramos merupakan wasit asal Meksiko yang bertugas di Piala Dunia 2022. Ia lahir pada 5 Desember 1983 atau 39 tahun silam.

Debutnya sebagai wasit sendiri bermula di tahun 2006, yakni kala memimpin pertandingan di Primeira Division A yang merupakan kasta kedua sepak bola Meksiko.

Butuh waktu lama bagi Cesar Ramos untuk bisa memimpin pertandingan level teratas. Kesempatan itu baru tiba pada 2011 atau lima tahun berselang.

Perjalanannya di kancah domestik membuat Cesar Ramos pun mulai merambah dunia wasit internasional dan menjadi bagian dari wasit FIFA.

Kesempatan pun tiba kala ia ditugaskan menjadi wasit ajang Piala Dunia Antarklub yang mempertandingkan Real Madrid vs Gremio.

Setahun berselang, Cesar Ramos membuat kejutan dengan menjadi wasit asal Meksiko satu-satunya yang ditugaskan di Piala Dunia 2018 Rusia.

Di ajang tersebut, ia memimpin tiga pertandingan, dengan rincian dua pertandingan di fase grup dan satu pertandingan di babak 16 besar.

Pengalaman Cesar Ramos di dunia wasit pun kian bertambah setelah adanya program pertukaran wasit antara AFC dan CONCACAF pada 2019, di mana saat itu ia memimpin Piala Asia 2019.

Pengalamannya di level internasional kembali membuat FIFA mempercayakannya tempat di Piala Dunia 2022. Kali ini, jatahnya pun bertambah.

Di Piala Dunia 2022 ini, Cesar Ramos memimpin empat laga, dengan rincian dua laga di fase grup, satu laga di babak 16 besar, dan satu laga di semifinal antara Prancis vs Maroko.

Dilansir dari Transfermarkt, Cesar Ramos telah memimpin 394 pertandingan di berbagai ajang dengan melepaskan 1678 kartu kuning, 66 kartu merah tak langsung, 92 kartu merah langsung, dan menghadiahkan 96 penalti saja.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More