Muhammad Ilham Baktora
Seorang warga memegang kaus bergambarkan striker Argentina Lionel Messi dan frase yang berarti "Apa yang kau lihat, bodoh?" di suatu toko di Buenos Aires, Argentina. (AFP/LUIS ROBAYO)

Bolatimes.com - Makian Kapten Argentina, Lionel Messi ke pemain Timnas Belanda, Wout Weghorst dengan kata "Apa yang kau lihat, bodoh? Pergi sana!" menjadi ladang usaha bagi pedagang baju di Argentina.

Seperti diketahui, pertandingan perempatfinal Piala Dunia antara Argentina vs Belanda, diwarnai dengan tensi panas. Aksi saling dorong terjadi bahkan wasit melayangkan banyak kartu kuning di laga tersebut.

Setelah Argentina menang adu penalti, para pemain masih terlibat adu cekcok dan saling sindir.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 2022 Hari Ini: Persikabo 1973 vs Arema FC, Persis Solo vs Barito Putera, Dewa United vs Persib Bandung

Dalam video yang viral, megabintang Argentina itu sedang menjalani wawancara menyusul kemenangan timnya lewat drama adu penalti dengan Belanda sebelum mata Messi teralihkan dari kamera.

Ia kemudian melontarkan kalimat dalam bahasa Spanyol "Que mira, bobo?" ke arah Weghorst, yang dua gol larutnya memaksa kedua tim beradu penalti, sementara reporter yang mewawancarai Messi mencoba menenangkan pemain bernomor punggung 10 itu.

FIFA juga membuka proses disipliner terhadap kedua tim setelah menyaksikan rekor 18 kartu kuning dikeluarkan pada laga Piala Dunia itu yang juga diwarnai sejumlah keributan antar pemain.

Baca Juga:
Profil Josko Gvardiol, Bek Kroasia yang Dipecundangi Messi saat One by One di Semifinal Piala Dunia

Sementara itu, di Argentina, mereka yang jeli berbisnis tak membuang waktu dan langsung memanfaatkan kalimat yang dilontarkan Messi itu menjadi slogan berbagai produk mulai dari mug seharga 1.600 peso sekitar Rp140 ribu, kaus seharga 2.900 peso (Rp260 ribu) dan topi yang dibanderol 3.900 peso setara Rp350 ribu.

"Kami langsung membuat kaus. Frasa itu menjadi viral karena di panggung yang lain, Messi itu kalem, tak ingin menarik perhatian. Tapi orang-orang ingin dia memiliki sedikit 'kepedasan' Diego (Maradona)," kata desainer pakaian Tony Molfese (31) seperti dikutip AFP, Rabu (14/12/2022).

Tingkah Messi yang sedikit tidak sopan itu telah membuatnya dibandingkan dengan legenda Argentina, almarhum Diego Maradona, yang terkenal berapi-api baik di dalam maupun di luar lapangan.

Baca Juga:
Sindir Keputusan Kontroversial Wasit di Laga Persebaya vs Persik, Brylian Aldama: Cair

"Saya rasa frasa itu luar biasa, sangat polos dan lembut dibanding apa yang biasanya didengar di dunia olahraga Argentina," kata Graciela Squetino (67), yang membeli kaus untuk ketiga cucunya.

Sukses menumbangkan Belanda lewat adu penalti, Argentina juga berhasil mengalahkan Kroasia di semifinal, Rabu dini hari. Kemenangan tersebut membawa La Albiceleste lolos ke final Piala Dunia 2022.

Selanjutnya Messi dkk akan melanjutkan pertandingan final pada 18 Desember 2022. Namun untuk lawannya akan menunggu hasil pertandingan antara Prancis vs Maroko pada Kamis (15/12/2022) dini hari WIB. [ANTARA]

Load More