Muhammad Ilham Baktora
Potret duel Josko Gvardiol dengan Lionel Messi saat Kroasia kalah 0-3 lawan Argentina di semifinal Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Momen bek Timnas Kroasia, Josko Gvardiol yang gagal menghentikan Lionel Messi saat membantu mencetak gol ketiga di semifinal Piala Dunia 2022, menjadi viral di media sosial.

Memiliki badan besar, Gvardiol mampu dipecundangi kapten Argentina hingga memberikan assist kepada Julian Alvarez hingga berbuah gol.

Terlepas dari momen kekalahan itu, Josko Gvardiol mendapat perhatian tinggi dari sejumlah klub. Pemain yang baru berusia 20 tahun ini juga memiliki karier yang cukup baik di sepak bola.

Baca Juga:
Kisah Driss Fettouhi, Pemain Asli Maroko yang Hampir Bela Timnas karena Punya Paspor Indonesia

Profil Josko Gvardiol

Memulai kariernya di dunia sepak bola, pria kelahiran Zagreb, Kroasia ini bergabung di NK Tresnjevka. Pada 2010, Dinamo Zagreb merekrutnya dan bermain di akademinya.

Butuh sembilan tahun, pemain yang lahir pada 23 Januari 2002 ini masuk ke tim inti Dinamo Zagreb. Bermain cukup intens dan baik selama di Dinamo Zagreb, Gvardiol mulai dilirik klub asal Jerman.

Baca Juga:
Piala AFF 2022: Park Hang-seo Girang Ungkap Kedatangan Nguyen Quang Hai di Vietnam

Pada 1 Juli 2021, Josko Gvardiol direkrut RB Leipzig dan mulai bermain di Bundesliga. Kariernya cukup bersinar sebagai bek tengah. Pelatih selalu mempercayakannya dan tercatat sudah 13 kali bertanding di Bundesliga.

Tak hanya bermain di Bundesliga, di Liga Champions musim 2022/2023, Gvardiol juga diterjunkan empat kali dan mencetak 1 gol ke gawang Real Madrid. Leipzig juga menang dalam pertandingan tersebut dengan skor 3-2.

Di level internasional Josko Gvardiol sudah membela skuad Vatreni sejak di U-16. Kemampuannya menjaga lini bertahan berlanjut hingga ke Timnas Kroasia U-21.

Baca Juga:
Lionel Messi Pecahkan 4 Rekor Ini usai Bawa Argentina Lolos ke Final Piala Dunia 2022

Pada 2021, Gvardiol resmi membela tim utama Kroasia, di bawah juru taktik Zlatko Dalic. Ia tercatat sudah 18 kali dipercaya sebagai starting XI. Tak hanya itu Gvardiol juga mencatat 1 gol pada kompetisi Kualifikasi Piala Euro 2021 menghadapi Republik Siprus. Skuad Kroasia menang 3-0.

Saat ini Gvardiol menjadi incaran oleh banyak klub di Liga Inggris dan La Liga. Klub seperti Manchester United dan Manchester City, berebut mendapatkan tanda tangannya. Selain itu, klub raksasa Catalan, Barcelona juga berminat merekrutnya, bahkan Real Madrid juga tertarik menggunakan jasa dia.

Load More