Irwan Febri Rialdi
Wasit Piala Dunia 2022, Antonio Mateu Lahoz. (AFP)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 tidak luput dari kontroversi yang disebabkan oleh kinerja wasit. Ya, sejumlah pengadil di atas lapangan Piala Dunia Qatar ini mendapat kritik.

Bahkan sejumlah pemain tidak segan-segan memberikan kritik pedas atas kinerja wasit di Piala Dunia 2022. Di antaranya ada bek Inggris, Harry Maguire, yang mengkritik wasit Wilton Pereira Sampaio.

Dia menyebut pilihan yang dilakukan Wilton Pereira Sampaio selama pertandingan sangat buruk sehingga merugikan Inggris hingga akhirnya disingkirkan Prancis di perempat final.

Bahkan protes sudah hadir di fase penyisihan grup. Salah satu bintang Uruguay, Luis Suarez menyebut adanya perlakuan tidak adil dari wasit saat itu, Daniel Siebert. Luis Suarez merasa Uruguay seharusnya mendapat dua penalti di pertandingan melawan Ghana.

Kinerja wasit yang jadi sorotan itu sampai-sampai membuat sejumlah wasit dipulangkan alias tidak lagi digunakan FIFA untuk sisa pertandingan di Piala Dunia 2022 yang tinggal menyisakan dua laga semifinal, satu laga perebutan tempat ketiga, dan satu laga pemungkas di partai final.

Siapa saja wasit Piala Dunia 2022 yang dipulangkan itu? Berikut ulasannya!

1. Mateu Lahoz

Wasit asal Spanyol ini telah dibebas-tugaskan oleh FIFA dari Piala Dunia 2022. Sebelumnya, ia mendapat kritik tajam dari Argentina, khususnya Lionel Messi.

Setelah menyelesaikan pertandingan antara Belanda dan Argentina di perempat final, yang diputuskan melalui adu penalti untuk kemenangan La Albiceleste, Messi dan penjaga gawang Emilio Martínez mengkritik kepemimpinan Mateu Lahoz.

"Anda tidak dapat memiliki wasit yang tidak sanggup melakukannya," kata Messi dikutip dari Tribal Football, Selasa (13/12/2022). 

2. Facundo Tello

Tello seolah menjela "musuh" bagi pemain-pemain Portugal. Ia dipastikan tak akan lagi memimpin laga di Piala Dunia 2022 setelah mendapat protes keras dari para pemain Portugal.

Langkah Portugal terhenti di babak 8 besar Piala Dunia Qatar usai kalah 0-1 dari Maroko. Kekecewaan pun diluangkan beberapa pemain Portugal, salah satunya Pepe dan Bruno Fernandes.

Pepe mengkritik kepemimpinan wasit Facundo Tello. Tak cuma itu, pemain berusia 39 tahun tersebut mengaku heran mengapa FIFA menurunkan wasit asal Argentina.

3. Fernando Rapallini

Satu lagi wasit asal Argentina yang tak akan lagi ditugaskan oleh FIFA di sisa laga Piala Dunia 2022. Rapallini sendiri terakhir memimpin pertandingan di babak 16 besar.

Saat itu, Rapallini memimpin laga antara Maroko vs Spanyol. Kedudukan imbang 0-0 berlanjut hingga harus ditentukan ke babak adu penalti. Maroko akhirnya keluar sebagai pemenang dengan kemenangan 3-0.

Selain laga Maroko vs Spanyol, Rapallini juga memimpin laga antara Serbia vs Swiss dan Maroko vs Kroasia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More