Irwan Febri Rialdi
Kapten Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan, dalam laga uji coba melawan Myanmar. (Facebook//Changsuek)

Bolatimes.com - Sejumlah negara-negara ASEAN sudah mulai memanaskan mesinnya menjelang Piala AFF 2022 dengan menggelar laga uji coba internasional.

Dari hasil uji coba ini, negara-negara ASEAN tersebut berusaha untuk menguji kekuatannya melawan kontestan lain untuk bersiap menghadapi Piala AFF 2022.

Hasilnya, beberapa kontestan sukses menampilkan hasil yang memukau. Sebab, mereka sukses meraih kemenangan dengan skor yang telak pada laga uji coba ini.

Yang pertama, ada timnas Malaysia yang menguji kekuatan calon lawan timnas Indonesia di Grup A, Kamboja, pada Jumat (9/12/2022).

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, itu skuad Harimau Malaya tampil perkasa setelah berhasil menang dengan skor 4-0.

Dua gol di antaranya disumbangkan oleh kapten timnas Malaysia, Faisal Halim (11’ dan 45’), lalu ada gol dari Lee Tuck (38’) dan Stuart Wilkin (86’).

Selanjutnya, rival terberat timnas Indonesia di Grup A, yakni Thailand, juga tak ingin kalah pada laga uji coba. Hasilnya, mereka menggulung Myanmar dengan setengah lusin gol.

Dalam laga latih tanding yang berlangsung di Stadion Thammasat, Pathum Thani, Minggu (11/12/2022), skuad Gajah Perang sukses menang telak dengan skor 6-2.

Gol-gol Thailand masing-masing dipersembahkan oleh Teerasil Dangda yang mencetak brace, Bodi Phala (29'), Nanda Kyaw (45'), Sarat Yuyen (45'2') dan gol bunuh diri Nyein Chan (76').

Selain itu, ada duel lainnya yang dilakoni oleh kontestan Grup B, Laos. Mereka juga sukses menang pada laga uji coba menjelang Piala AFF 2022.

Dalam duel yang berlangsung di Universitas Thammasat Rungsit, Laos sukses menumbangkan Thailand U-23 pada Minggu (11/12/2022) malam hari WIB.

Satu-satunya gol yang dicetak Laos pada pertandingan ini disumbangkan oleh striker kelahiran Prancis, Billy Ketkeophomphone, pada menit ke-29.

Hasil uji coba ini tentu akan menjadi modal berharga bagi masing-masing negara tersebut untuk mempersiapkan diri menjelang ajang Piala AFF 2022.

Pasalnya, gelaran bergengsi yang berlangsung dua tahun sekali ini akan segera bergulir dalam waktu dekat. Menurut jadwal, laga pertama akan digelar pada 20 Desember 2022.

Pertandingan pertama ini akan menyajikan duel antara Kamboja melawan Filipina di Stadion Nasional Morodok Techno, Phnom Penh.

Pada hari yang sama, ada duel antara Brunei Darussalam melawan Thailand. Laga ini akan tersaji di Stadion Kuala Lumpur pukul 20.30 waktu setempat.

Berikut Hasil Lengkap Uji Coba Negara ASEAN Jelang Piala AFF 2022

Jumat, 9 Desember 2022: Malaysia 4-0 Kamboja

Minggu, 11 Desember 2022: Thailand 6-0 Myanmar

Minggu, 11 Desember 2022: Laos 1-0 Thailand U-23

Load More