Irwan Febri Rialdi | Husna Rahmayunita
Shin Tae-yong bersama Gong Oh-kyun. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Nasib nahas dialami oleh mantan asisten Shin Tae-yong, yakni Gong Oh-kyun. Ia resmi dipecat dari kursi pelatih Timnas Vietnam U-23 oleh Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

Gong Oh-kyun didapuk sebagai pelatih Timnas Vietnam U-23 pada 24 Mei lalu. Setelah menyebrang ke negara rival, ia membeberkan borok-borok Timnas Indonesia selama mendampingi Shin Tae-yong.

Menurutnya, pemain Indonesia kurang ramah, sulit belajar, hingga tidak memiliki semangat dan tekad yang bagus ketika di lapangan.

"Kesan pertama waktu di Indonesia pemainnya bisa dibilang susah didekati, kurang ramah. Dalam latihan tersebut, para pemain juga menunjukkan kesulitan dalam belajar, saya pikir mungkin karena perbedaan budaya," ujar Gong Oh-kyun, seperti dikutip dari Zingnews, Jumat (3/6/2022).

"Pemain Indonesia tidak memiliki semangat yang cukup baik, tekad yang cukup seperti yang saya inginkan, sehingga sulit untuk bekerja," imbuhnya.

Gong Oh-kyun kemudian membandingkan pemain Indonesia dengan Vietnam. Ia pun mengaku lebih semangat melatih tim The Golden Star karena ambisi dan sifat pekerja kerasnya.

"Saya melihat pemain Vietnam sangat berambisi, pekerja keras dan menunjukkan sikap yang sangat progresif seperti permain Korea. Itu membuatku merasa sangat bersemangat," ungkapnya.

"Ketika saya pertama kali datang ke Indonesia, saya pikir mungkin para pemain di sini tidak terbiasa dengan metode latihan kami, jadi saya merasa sangat sulit untuk mendapatkan sesi latihan yang memuaskan. Hubungan pelatih-murid di sini juga sulit," pungkasnya.

Enam bulan setelah wawancara itu, Gong Oh-kyun kini dicopot dari jabatannya sebagai pelatih Vietnam U-23. Ia hanya bekerja selama sembilan bulan. Padahal kontraknya sejatinya baru habis pada Maret 2023.

Dalam keterangannya, VFF mengklaim keputusan ini diambil berdasarkan pertimbangan terkait target Timnas Vietnam dan Vietnam U-23 ke depan.

"VFF dan perwakilan pihak Gong Oh-kyun melakukan diskusi terbuk tentang tujuan dan tugas di periode mendatang. Setelah mempertimbangkan berbagai faktor dengan cermat dan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak, diputuskan untuk tidak melanjutkan kontrak pelatih Gong Oh-kyun," terang VFF.

Semula, Gong Oh-kyun didapuk menjadi pelatih Vietnam U-23 untuk menggantikan tugas Park Hang-seo yang fokus ke timnas senior untuk Kualifikasi Piala Dunia dan Piala AFF 2022.

Selama melatih, juru taktik asal Korea Selatan itu berhasil membawa Vietnam U-23 ke perempat final ke Piala Asia U-23 2022 dan mengawal The Golden Star Warriors di SEA Games 2021.

"Kami berterima kasih atas upaya dan rasa tanggung jawab pelatih Gong Oh-kyun selama bertugas di Timnas U-23 dan mendoakan kesuksesan pelatih di pekerjaannya yang akan datang," tutup VFF.

Load More