Husna Rahmayunita
Selebrasi Achraf Hakimi bersama pemain Maroko usai lolos ke perempat final Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Meskipun tidak diunggulkan di atas kertas, Timnas Maroko mempunyai kans besar untuk mempermalukan Prancis pada babak semifinal Piala Dunia 2022.

Duel antara Maroko kontra Prancis pada fase semifinal Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Stadion Al Bayt, Kamis (15/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Sebelum menantang Prancis pada fase semifinal, Maroko sempat membuat kejutan dengan menumbangkan perlawanan Portugal pada fase perempat final.

Duel yang berlangsung pada Sabtu (10/12/2022) itu sukses dimenangkan oleh Maroko dengan skor yang tipis, yakni 1-0.

Kemenangan ini sudah cukup untuk membawa Maroko ke semifinal sekaligus jadi tim asal Afrika pertama yang melakukannya dalam sejarah Piala Dunia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan alasan yang membuat Maroko bisa mempermalukan Prancis di fase semifinal Piala Dunia 2022.

1. Pemain Berkualitas Jebolan Eropa

Noussair Mazraoui nampak berbuka puasa di tengah pertandingan berlangsung. (Dok. BT Sports)

Meskipun berstatus sebagai klub asal Afrika, tetapi kekuatan utama timnas Maroko pada Piala Dunia 2022 ini lebih banyak diperkuat pemain-pemain kelahiran luar negeri.

Pasalnya, dari total 24 nama pemain yang dibawa, 14 nama di antaranya tercatat lahir di luar negeri. Meskipun demikian, mereka punya darah keturunan Maroko.

Pemain-pemain yang berkarier di luar negeri ini juga tak kaleng-kaleng. Sebab, ada nama Hakim Ziyech yang berkarier di Chelsea, hingga Achraf Hakimi, pemain Paris Saint-Germain.

Itu belum termasuk Nayef Aguerd (West Ham), Noussair Mazraoui (Bayern Munchen), dan Yassine Bounou (Sevilla).

2. Sosok Penjaga Gawang Kelas Dunia

Kiper Timnas Maroko, Yassine Bounou saat menepis tendangan penggawa Spanyol dalam adu penalti di Stadion Education City, Selasa (6/12/2022). (Twitter/@fifaworldcup_es)

Hadirnya sosok Yassine Bounou memang menjadi salah satu modal berharga bagi Maroko untuk menghadapi siapa pun lawan yang akan dijumpai di Piala Dunia 2022.

Sejauh ini, pemain yang akrab disapa Bono itu memang hanya satu kali kebobolan di Piala Dunia 2022, tepatnya ketika Nayef Aguerd mencetak gol bunuh diri kontra Kanada.

Bono juga jadi sosok pemain yang sukses menepis tiga penendang timnas Spanyol pada babak adu penalti di fase 16 besar. Kemampuan kiper kelahiran Kanada ini jelas menjadi modal berharga bagi Maroko untuk terus tampil menggebrak.

3. Belum Pernah Terkalahkan

Selebrasi pemain Timnas Maroko usai lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Portugal. (Twitter)

Timnas Maroko yang berstatus sebagai tim kuda hitam di Piala Dunia 2022 ini memang punya rekam jejak yang mentereng sejak awal turnamen.

Sebab, dari laga awal fase grup hingga menuju semifinal Piala Dunia 2022, timnas Maroko belum pernah sekalipun meraih kekalahan.

Pada fase grup, mereka hanya imbang kontra Kroasia (0-0), lalu menang beruntun melawan Belgia (2-0) dan Kanada (2-1).

Lalu, pada laga 16 besar, mereka sukses menyingkirkan Spanyol via adu penalti. Duel kontra Portugal pada fase perempat final pun juga sukses diamankan dengan kemenangan 1-0.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More